Pasar NFT Blur Meluncurkan Protokol Peminjaman Tanpa Batas Waktu, Blend
Blur meluncurkan Blend, sebuah protokol peminjaman peer-to-peer tanpa batas waktu yang mendukung jaminan NFT. (foto: twitter @blur_io)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 1 Mei, pasar token non-fungible token (NFT) Blur meluncurkan Blend, sebuah protokol peminjaman peer-to-peer tanpa batas waktu yang mendukung jaminan NFT. Dikembangkan bersama firma modal ventura Paradigm, pengembang menyebutkan bahwa Blend dirancang sebagai cara untuk "menghasilkan keuangan dalam skala besar."

Blend tidak bergantung pada orakel atau tanggal kadaluarsa, sehingga posisi peminjaman dapat dibuka secara tidak terbatas sampai diakhiri. Pengembang juga mengklaim bahwa protokol ini tidak akan mengenakan biaya kepada peminjam dan pemberi pinjaman.

"Blend mencocokkan pengguna yang ingin meminjam dengan jaminan non-fungibel mereka dengan pemberi pinjaman yang menawarkan suku bunga paling kompetitif, menggunakan protokol tawaran off-chain yang canggih," kata Blur.

Secara otomatis, Blend akan "menambahkan posisi peminjaman selama ada pemberi pinjaman yang bersedia memberikan jumlah tertentu terhadap jaminan." Untuk hal ini, tidak ada transaksi on-chain yang diperlukan kecuali jika salah satu pihak memutuskan untuk keluar dari posisi atau ada perubahan suku bunga.

Dengan menggunakan protokol peminjaman tanpa batas waktu, peminjam dan pemberi pinjaman memperpanjang waktu kadaluarsa pinjaman secara default. Jika pemberi pinjaman ingin mengakhiri pinjaman terhadap keinginan peminjam, sebuah "lelang Belanda" suku bunga untuk pengalihan pinjaman akan diadakan ketika peminjam belum melunasi utang pada saat kadaluarsa. Lelang dimulai dengan suku bunga 0% dan secara bertahap meningkat.

"Dalam Blend, sebuah NFT dapat dilikuidasi setiap kali pemberi pinjaman memicu lelang pengalihan dan tidak ada yang bersedia mengambil alih utang pada tingkat suku bunga apa pun," tambah Blur.

Namun, pengembang menjelaskan bahwa peminjam dapat melunasi pinjaman kapan saja di Blend. "Jika peminjam ingin mengubah jumlah yang dipinjam atau mendapatkan suku bunga yang lebih baik, mereka dapat secara atomik mengambil pinjaman baru terhadap jaminan dan menggunakan dana pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama," tulis mereka.

Blur diluncurkan pada kuartal ketiga 2022 dan telah memberikan "paket perawatan," yang dapat ditukarkan dengan token BLUR sejak 14 Februari untuk meningkatkan aktivitas perdagangan. Platform ini telah melampaui OpenSea dalam hal volume perdagangan.