Twitter Resmi Mengubah Merek Supper Follows Menjadi Subscriptions
Nama baru untuk fitur berlangganan Twitter (foto: tangkapan layar Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter resmi mengubah merek dari fitur "Super Follows", yang memungkinkan Anda untuk berlangganan ke salah satu pengguna Twitter untuk mendapatkan konten eksklusif, menjadi " Subscriptions" saja. 

Pemilik Twitter Elon Musk mempromosikan fitur tersebut pada hari Kamis, 13 April, dan mencatat bahwa Anda dapat menemukannya di bagian pengaturan "Monetization".

"Terapkan untuk menawarkan langganan pengikut Anda apa pun materi, dari teks bentuk panjang hingga video berdurasi berjam-jam! Cukup ketuk "Monetisasi" di setelan," tulis Musk dalam cuitannya di Twitter. 

Diluncurkan pada tahun 2021, nama dari fitur Super Follows kini resmi berubah menjadi Subscriptions. Tidak ada perubahan fungsi dari fitur ini, Anda sama-sama dapat membebankan biaya kepada pengguna sehingga mereka dapat mengakses hal-hal seperti tweet eksklusif, dan lain sebagainya. 

Musk mencatat bahwa Anda akan mendapatkan 70 persen dari penghasilan langganan ini untuk pengguna iOS dan Android. Sedangkan di web, Anda mungkin akan mendapatkan penghasilan kurang lebih 92 persen. 

"Selama 12 bulan ke depan, Twitter tidak akan menyimpan uang itu. Anda akan menerima berapapun uang yang kami terima, jadi 70% untuk langganan di iOS & Android (dikenakan biaya 30%) dan ~92% di web (bisa lebih baik, tergantung prosesor pembayaran)," jelasnya lebih lanjut. 

Musk juga mengatakan bahwa pengguna Android dan iOS mungkin akan dikenakan biaya 30 persen untuk langganan pada tahun pertama, namun pengenaan biaya itu akan turun menjadi 15 persen setelahnya

"Kami juga akan membantu mempromosikan karya Anda. Tujuan kami adalah memaksimalkan kemakmuran kreator. Kapan saja, Anda dapat meninggalkan platform kami dan membawa serta pekerjaan Anda. Mudah masuk, mudah keluar," pungkas Musk. 

Adapun syarat untuk melakukan monetisasi akun Anda adalah harus berusia lebih dari 28 tahun, dengan setidaknya 500 pengikut, dan memposting 25 tweet dalam 30 hari terakhir. Anda dapat menawarkan langganan bulanan dengan harga 2,99 dolar AS (Rp47 ribu), 4,99 dolar AS (Rp78 ribu), atau 9,99 dolar AS (Rp156 ribu).