Twitter Segera Luncurkan Fitur Super Follows, Apa Itu?
Twitter luncurkan fitur baru, Super Follows yang bisa dimontisasi. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Twitter Inc meluncurkan fitur baru yang disebut "pengikut super" (super follows) di platform media sosialnya pada Rabu, 1 September.  Fitur baru ini memungkinkan pembuat konten untuk menghasilkan pendapatan bulanan dengan membagikan konten khusus kepada pelanggan dengan pengikut mereka.

Super Follows tidak diaktifkan untuk semua orang. Untuk saat ini, prosesnya tetap melalui aplikasi saja, dengan daftar tunggu. Opsi ini ada di opsi Monetisasi di bilah sisi aplikasi, meskipun pengguna harus berbasis di AS dengan 10 ribu pengikut dan setidaknya 25 tweet dalam sebulan terakhir agar memenuhi syarat.

Pengguna Twitter iOS yang berbasis di AS dan Kanada akan dapat Super Follow beberapa akun mulai hari ini, dengan lebih banyak pengguna secara global yang melihat peluncurannya dalam beberapa minggu mendatang. Di sisi pembuat, Super Follows hanya diaktifkan di iOS untuk saat ini, meskipun dukungan untuk Android dan desktop akan "segera hadir".

Pada bulan Februari lalu, Twitter telah menguraikan rencana, termasuk memberi tip dan berlangganan berbayar untuk "pengikuti super" beberapa akun, untuk mencapai setidaknya 7,5 miliar dolar AS dalam pendapatan tahunan dan 315 juta pengguna aktif harian (mDAU) yang dapat dimonetisasi pada akhir 2023.

Kreator dapat menetapkan langganan bulanan sebesar 2,99 dolar, 4,99 dolar atau 9,99 dolar per bulan untuk memonetisasi bonus, konten di balik layar untuk pengikut mereka yang paling terlibat melalui fitur tersebut, kata Twitter.

Sebelumnya pada hari itu, Twitter mengatakan akan meluncurkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna memblokir sementara akun selama tujuh hari karena menggunakan bahasa berbahaya atau mengirim balasan tanpa diundang.