Changpeng Zhao: Kejelasan Regulasi <i>Cryptocurrency</i> Bisa Dicapai Jika Regulator Melibatkan Pelaku Industri Kripto
Pendiri Binance, Changpeng Zhao. (Foto; Dok. Celullari)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao, baru-baru ini mengemukakan pandangannya tentang regulasi cryptocurrency sebagai prinsip panduan bagi kelas aset digital. Menurut Zhao, regulator perlu memahami dengan baik mata uang digital untuk merumuskan aturan yang tepat untuk pengawasan yang efektif.

CEO Binance juga menambahkan bahwa kejelasan regulasi hanya bisa dicapai melalui keterlibatan aktif antara regulator dan pemangku kepentingan utama di industri cryptocurrency.

Dalam acara Hong Kong Web3 Festival tahun 2023, CZ membagikan pemikirannya tentang regulasi cryptocurrency dan adopsi Web3 secara massal. Dalam sesi tanya jawab dengan CEO HashKey Capital, Deng Chao, CEO Binance mengatakan bahwa regulasi cryptocurrency yang tepat akan meningkatkan adopsi mainstream.

Namun, Zhao juga menekankan bahwa regulator cryptocurrency harus mengurangi ketergantungan pada prinsip-prinsip keuangan mainstream dalam merumuskan hukum cryptocurrency.

"Ada kecenderungan alami untuk meminjam regulasi industri keuangan tradisional untuk diterapkan pada cryptocurrency. Cryptocurrency berbeda dari bank dan industri keuangan tradisional,” kata Changpeng Zhao dikutip dari CoinSpeaker.

Selanjutnya, CEO Binance menambahkan bahwa pengambilan keputusan terkait regulasi kripto bergantung pada bagaimana mengklasifikasikan aset digital yang berbeda. Menurut Zhao, ada beberapa jenis aset kripto, dan mengetahui cara mengklasifikasikan masing-masing adalah krusial.

CZ juga menjelaskan bahwa beberapa aset cryptocurrency tampak seperti sekuritas sementara yang lain mirip dengan komoditas atau token utilitas. CEO Binance juga menambahkan bahwa beberapa aset digital bahkan mungkin memiliki kombinasi dari semua karakteristik yang disebutkan sebelumnya.

Zhao berpendapat bahwa industri cryptocurrency harus diberikan kesempatan untuk berkembang sepenuhnya sebelum memperkenalkan regulasi. Alasan untuk saran 'lingkaran penuh' ini adalah bahwa seseorang tidak dapat dengan pasti memprediksi apa yang akan populer di dunia kripto.

Namun, CZ juga mengatakan bahwa para pemain industri cryptocurrency harus lebih bersabar saat proses regulasi berlangsung. Menurut CEO Binance, draf pertama regulasi biasanya terlalu membatasi, tetapi draf-draf selanjutnya secara bertahap seimbang seiring waktu.

Dalam Hong Kong Web3 Festival tahun ini, CZ menekankan perlunya regulator untuk aktif terlibat dengan para pemain dalam industri cryptocurrency. Dia mengakui bahwa meskipun ada peningkatan jumlah regulator yang menerima cryptocurrency di seluruh dunia, beberapa masih skeptis. Menurut pendapat Zhao, segala bentuk sikap skeptis atau sinis terhadap regulasi cryptocurrency dapat menghalangi partisipan industri ini.