Changpeng Zhao Sebut Tindakan AS Terkait <i>Cryptocurrency</i> Bisa Untungkan Industri Kripto
Pendiri Binance, Changpeng Zhao. (Foto; Dok. CriptoTendencia)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah AS dilaporkan telah mengeluarkan aturan terkait mata uang kripto sebagai kelas aset pada Jumat lalu. Ini merupakan pedoman kerangka kerja bagi industri kripto di AS.

Mengomentari informasi tersebut, pendiri Binance, Changpeng Zhao (CZ) berharap kerangka aturan yang tepat dari pemerintah AS bisa menguntungkan indurstri kripto secara keseluruhan.

Di sisi lain, sebagaian komunitas kripto menilai bahwa pedoman tersebut membutuhkan kejelasan lebih lanjut. CZ menegaskan bahwa kerangka kerja tersebut merupakan pengakuan yang signifikan, dan perusahaannya bertujuan untuk bekerja  sama dengan pengawas global.

Setelah mengeluarkan beberapa perintah eksekutif tentang aset digital dalam beberapa bulan terakhir, pemerintahan Biden mulai membahasnya pada Jumat, 16 Agustus, ketika merilis kerangka kerja potensial tentang cara mengatur kelas aset.

Melansir CryptoPotato, dua regulator di AS, SEC dan CFTC akan terus berjuang untuk menentukan mana di antara keduanya yang mendapatkan bagian yang lebih besar. Laporan terbaru menyentuh integrasi kripto dengan sistem keuangan saat ini, termasuk memfasilitasi transaksi tanpa batas.

Dokumen tersebut juga menyebutkan CBDC serta mendesak lembaga pemerintah untuk menemukan cara untuk mengurangi aktivitas kriminal yang melibatkan cryptocurrency.

Makalah berisi kerangka kerja ini disambut dengan pendapat yang kontras oleh komunitas kripto, dan yang terbaru adalah CEO Binance - Changpeng Zhao.

Dia percaya langkah AS sebagai kekuatan ekonomi terkuat di dunia adalah pertanda baik bagi industri kripto karena “melakukannya dengan benar” akan membantu “melindungi konsumen, pasar, dan memicu inovasi yang bertanggung jawab.”

CZ juga mencatat bahwa perusahaannya, yang menghadapi reaksi besar-besaran dari beberapa pengawas dalam beberapa tahun terakhir, akan bekerja sama dengan pmerintah AS serta regulator global lainnya untuk meningkatkan persepsi dan adopsi industri

“Kami merangkul kesempatan untuk bekerja sama dengan regulator dan industri saat mereka berusaha membangun kerangka kerja peraturan dan kepatuhan global yang sesuai untuk industri ini,” kata CZ dalam keterangannya.