Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms Inc mengumumkan pada Kamis 30 Maret bahwa mereka akan meluncurkan sistem yang telah dijanjikan sejak lama untuk para pengiklan agar dapat menentukan di mana iklan mereka ditayangkan. Hal ini dilakukan  sebagai respons terhadap tuntutan para pengiklan untuk menjaga jarak dari konten yang kontroversial di Facebook dan Instagram.

Sistem ini menawarkan tiga tingkat risiko yang dapat dipilih oleh para pengiklan untuk penempatan iklan mereka, dengan opsi paling konservatif yang tidak memasang iklan di atas atau di bawah pos yang berisi konten sensitif seperti gambar senjata, sindiran seksual, dan debat politik.

Meta juga akan memberikan laporan melalui perusahaan pengukuran iklan, Zefr, yang menunjukkan konten tepat yang muncul di dekat iklan mereka di Facebook dan bagaimana hal itu dikategorikan.

Pengiklan telah lama menuntut kontrol yang lebih besar atas kendali di mana iklan mereka muncul secara online, dengan mengeluh bahwa perusahaan media sosial besar terlalu sedikit melakukan pencegahan agar iklan tidak muncul bersama ujaran kebencian, berita palsu, dan konten ofensif lainnya.

Isu ini mencapai puncaknya pada Juli 2020, ketika ribuan merek bergabung dalam aksi boikot Facebook di tengah protes anti-rasisme di Amerika Serikat.

Dalam kesepakatan yang dijalin beberapa bulan kemudian, perusahaan yang sekarang disebut Meta setuju untuk mengembangkan alat untuk "lebih baik mengelola kesesuaian iklan," di antara konsesi lainnya.

Samantha Stetson, wakil presiden Meta untuk Client Council dan Industri Hubungan Dagang, mengatakan dia berharap Meta akan memperkenalkan kontrol yang lebih terperinci dari waktu ke waktu sehingga pengiklan dapat menentukan preferensi mereka seputar isu-isu sosial yang berbeda.

Stetson juga mengatakan tes awal menunjukkan tidak ada perubahan yang signifikan dalam kinerja atau harga untuk iklan yang ditempatkan menggunakan pengaturan yang lebih ketat. Ia juga  menambahkan bahwa mereka yang terlibat dalam tes tersebut "terkejut dengan senang."

Namun, dia memperingatkan bahwa dinamika harga dapat berubah, mengingat sifat lelang sistem iklan Meta dan pengurangan inventaris yang terkait dengan batasan apa pun.

Dilaporkan oleh Reuters, kontrol ini akan tersedia awalnya di pasar yang berbicara dalam bahasa Inggris dan Spanyol, dengan rencana untuk memperluas mereka ke wilayah lain - dan ke format iklan Reels, Stories, dan video perusahaan - kemudian tahun ini.