Meta Tempatkan Pengaturan Akun Instagram, Facebook dan Messenger Pengguna Terpusat di Satu Tempat, <i>Accounts Center</i>
Meta buat Accounts Center baru untuk akun Facebook. Instagram dan Messenger. (foto: dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA – Kini Meta Platform Inc., menempatkan pengaturan akun Instagram, Facebook, dan Messenger Anda di satu tempat. Meta meluncurkan Pusat Akun (Accounts Center) baru yang memungkinkan Anda mengelola preferensi di semua akun Meta Anda dari hub terpusat.

Pusat Akun yang diperbarui akan berada di menu pengaturan di Facebook, Instagram, dan Messenger, yang berarti Anda dapat menyesuaikan pengaturan akun Anda untuk Facebook dari Instagram, dan begitu pula sebaliknya. Ini juga berlaku untuk akun mandiri Meta yang mulai diizinkan oleh perusahaan untuk digunakan oleh pemilik Quest sebagai pengganti akun Facebook tahun lalu.

Beberapa pengaturan yang dapat Anda alihkan termasuk detail pribadi, kata sandi, keamanan, preferensi iklan, dan pembayaran serta izin yang Anda berikan pada setiap aplikasi. Menurut laporan The Verge, sepertinya Meta tidak akan menempatkan semua akun Anda di Pusat Akun secara default, jadi Anda harus menambahkannya secara manual. Meta mencatat bahwa Anda juga dapat menghapus akun yang telah Anda tambahkan kapan saja.

Meskipun Anda dapat menggunakan hub baru untuk menyesuaikan pengaturan iklan Anda di Facebook, Instagram, dan Messenger, namun Meta mengatakan bahwa pengaturan ini harus tetap sama di setiap aplikasi.

Dengan kata lain, Anda hanya dapat mempertahankan setelan iklan yang berbeda jika menggunakan Pusat Akun secara terpisah untuk setiap aplikasi. Jika Anda memasukkan akun lain yang memiliki pengaturan iklan berbeda ke Pusat Akun, Meta akan "menyesuaikan pengaturan ini agar cocok dengan akun Anda".

Perubahan ini diluncurkan Jumat 20 Januari dan secara bertahap akan diluncurkan ke semua pengguna di Facebook, Messenger, dan Instagram dalam "beberapa bulan mendatang". Ini semua adalah bagian dari rencana Meta untuk membuat aplikasinya lebih terhubung sejak pertama kali meluncurkan Pusat Akun pada tahun 2020.

Meta awalnya menggunakannya sebagai cara untuk menyatukan informasi masuk dan pembayaran di Facebook dan Instagram, kemudian memungkinkan untuk beralih dengan mudah antara akun Instagram dan Facebook seperti tahun lalu. Meta mengatakan berencana memusatkan pengaturan tambahan di masa depan.

Selain itu, Meta memperbarui beberapa pengaturan iklannya, meskipun detailnya tidak jelas. Inilah yang dikatakannya dengan kontrol tersebut:

“Selain menghadirkan preferensi Iklan ke Pusat Akun, kami juga menyempurnakan beberapa kontrol setelan iklan yang dapat membantu orang-orang memahami dan mengelola pengalaman iklan mereka di seluruh teknologi kami.

Pertama, kami memperbarui Data kami tentang aktivitas Anda dari kontrol Mitra, yang sekarang disebut Informasi aktivitas dari mitra iklan untuk membantu orang memahami dengan mudah bagaimana aktivitas mereka yang dikirim dari situs web dan aplikasi lain digunakan untuk mendukung iklan yang mereka lihat.

Kedua, kami memudahkan orang untuk memahami pilihan mereka saat melihat iklan yang ditampilkan oleh Meta di aplikasi dan situs web lain.

Terakhir, kami tahu bahwa orang-orang menginginkan kontrol yang lebih besar atas iklan yang mereka lihat, itulah sebabnya kami mencari cara baru agar orang dapat melihat lebih banyak iklan tentang hal-hal yang mereka minati, selain opsi yang ada untuk melihat lebih sedikit iklan tentang hal-hal yang tidak menarik bagi mereka.”

Posting tersebut tidak merinci tentang cara-cara baru itu, tetapi selama beberapa tahun terakhir, Meta telah mengerjakan ulang sistem iklannya untuk bekerja dengan lebih sedikit informasi yang dikumpulkan tentang setiap pengguna.

Sistem Pengurangan Varians yang baru-baru ini diluncurkan sebagai bagian dari penyelesaian atas iklan perumahan adalah salah satu contohnya, tetapi pengaturan ini berfokus pada informasi yang ditarik oleh orang lain yang kemudian dikirim ke Meta.

Pengaturan itu dapat mencakup informasi yang Anda berikan ke aplikasi lain seperti pelacak ovulasi atau situs real estat atau, seperti yang dijelaskan situs web Facebook, mencerminkan data dari pembelian Anda di kehidupan nyata yang cocok dengan profil Anda.

Pengaturan ini mengontrol apakah kami dapat menampilkan iklan yang dipersonalisasi kepada Anda di Facebook berdasarkan data tentang aktivitas Anda dari mitra kami. Jika Anda menonaktifkan setelan ini, iklan yang Anda lihat mungkin masih didasarkan pada aktivitas Anda di platform kami. Mereka mungkin juga didasarkan pada informasi dari bisnis tertentu yang telah berbagi daftar individu atau perangkat dengan kami, jika kami telah mencocokkan profil Anda dengan informasi di daftar tersebut.”