Meta Platform Inc., Dituduh Arahkan Iklan Lowongan Pekerjaan pada Kelompok Tertentu
Real Women in Trucking, gugat Meta Platform Inc., karena mengarahkan iklan pada kelompok tertentu. (foto: twitter @TheBreTV ·)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms Inc dituduh secara ilegal mengarahkan lusinan iklan perekrutan dari perusahaan angkutan truk dan pengiklan lain ke sebagian besar satu jenis kelamin atau kelompok usia. Tuduhan ini muncul dari sebuah kelompok advokasi untuk pengemudi truk wanita yang dituduhkan dalam pengaduan di AS pada Kamis, 1 Desember mengutip data raksasa media sosial itu sendiri.

Pada Juni lalu, Meta mengatakan berencana untuk memperkenalkan "sistem pengurangan varians" ke algoritmanya untuk memastikan iklan perumahan dan pekerjaan menjangkau khalayak yang beragam dalam hal usia dan jenis kelamin di platform Facebook-nya.

Tuduhan baru menggarisbawahi masalah yang akan ditentang oleh sistem terencana Meta. Meta pada Kamis lalu mengatakan sedang meninjau keluhan dan sistem baru juga sedang dalam pengujian.

"Mengatasi keadilan dalam iklan merupakan tantangan industri dan kami telah bekerja sama dengan kelompok hak sipil, akademisi, dan regulator untuk memajukan keadilan dalam sistem periklanan kami," kata perusahaan itu dikutip Reuters.

Meta, yang memiliki Facebook dan Instagram, telah menghadapi kritik bertahun-tahun dari kelompok hak sipil dan regulator tentang bagaimana pengaturan dan algoritmenya memungkinkan bias dalam akses ke daftar pekerjaan dan perumahan. Undang-undang AS melarang diskriminasi berdasarkan jenis kelamin atau usia dalam iklan tersebut.

"Facebook adalah salah satu sumber daya untuk peluang hidup ini, konsekuensi dari diskriminasi semacam ini sangat luas," kata Mitra Ebadolahi, direktur proyek senior di Upturn, sebuah kelompok advokasi yang mewakili Real Women in Trucking yang bertugas untuk Komisi Kesempatan Kerja yang Setara.

Keluhan Real Women in Trucking mencantumkan sekitar 80 iklan dari arsip publik Meta yang menunjukkan pemirsa yang miring.

Dalam satu contoh, perusahaan yang mencari pengemudi truk di Carolina Utara menjangkau audiens yang terdiri dari 5% wanita dan 11% berusia 55 tahun atau lebih.

"Wanita adalah 54% dari orang-orang di Facebook yang tertarik mencari pekerjaan. Orang berusia 55 tahun atau lebih adalah 28%," kata Peter Romer-Friedman, kepala firma hukum Gupta Wessler, mewakili Real Women in Trucking.

“Tidak ada alasan iklan pekerjaan harus dikirim ke sebagian kecil dari jumlah tersebut secara rutin,” katanya. “Sebagian besar pengusaha bermaksud untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.” tambahnya.

Tetapi tagihan tersebut mengutip tiga iklan yang Meta biarkan pengiklan memilih pemirsa yang dibatasi usia, opsi yang dijanjikan akan diblokir untuk iklan pekerjaan pada tahun 2019.

“Jika Meta berjuang untuk mengidentifikasi iklan pekerjaan, mungkin juga menghadapi kesulitan dalam menerapkan pengurangan varians yang direncanakan,” kata Romer-Friedman.