Bagikan:

YOGYAKARTA - Open AI baru saja merilis GPT 4 sebagai program artificial intelligence (AI) language model terbarunya. GPT 4 memiliki fitur baru yang lebih canggih dibandingkan ChatGPT. Lantas apa perbedaan GPT-4 dan ChatGPT ?

Sejak beberapa waktu belakangan, ChatGPT memang populer sebagai AI yang banyak digunakan atau dimanfaatkan untuk memudahkan sejumlah pekerjaan. Hadirnya GPT 4 sebagai AI terbaru dari OpenAI disebut lebih pintar ketimbang ChatGPT. GPT 4 diklaim akan semakin memudahkan pengguna yang membutuhkan teknologi AI. 

Pada dasarnya GPT 4 dan ChatGPT merupakan program yang sama, yaitu language model terlatih berformat dialog atau percakapan. Program tersebut bisa menangkap berbagai perintah dan memberikan respons sebagaimana seperti manusia yang saling bercakap-cakap. 

Meski formatnya sama, GPT 4 memiliki kelebihan dibandingkan dengan ChatGPT. Lalu apa perbedaan GPT 4 dan ChatGPT?

Perbedaan GPT 4 dan ChatGPT

Perbedaan dari GPT 4 dan ChatGPT terletak pada fitur dan peningkatan kemampuannya. Fitur dan kemampuan tersebut bisa digunakan dalam berbagai produk yang telah mengintegrasikan GPT 4, seperti Duolingo, Khan Academy, Stripe. Selain itu, pengguna juga dapat mengaksesnya dalam versi langganan ChatGPT Plus dan chatbot Bing milik Microsoft. 

Berikut sejumlah perbedaan GPT 4 dan ChatGPT yang perlu Anda tahu:

Input dan Output Multimodal

Salah satu keunggulan dari GPT 4 adalah kemampuan dalam memproses tipe input dan output berbeda. Dengan adanya kemampuan ini, chatbot GPT 4 bisa menangkap dan merespons pertanyaan-pertanyaan yang berbentuk video atau gambar. Jadi tidak hanya merespon pertanyaan teks saja. 

Dengan adanya kemampuan tersebut, maka pengalaman pengguna bisa meningkat serta semakin dimudahkan dalam berinteraksi dengan AI. Namun catatan tambahan, kemampuan ini masih terbatas dan sedang dalam pengembangan.

Menangani Multitugas

GPT 4 memiliki kemampuan multitugas atau mengerjakan berbagai tugas secara bersamaan. OpenAI menyebut kemampuan multitugas GPT 4 lebih baik dibandingkan ChatGPT. GPT 4 bisa lebih banyak membantu kebutuhan pengguna dalam memakai AI, baik itu perusahaan maupun organisasi. 

Misalnya, GPT 4 bisa membuat layanan customer service secara otomatis dengan lebih cepat. GPT 4 dapat menangani berbagai pertanyaan atau perintah sekaligus dalam satu waktu dengan hasil yang lebih baik. 

Pemahaman dan Hasil Lebih Akurat

GPT 4 juga memiliki keunggulan lain, yaitu pemahaman bahasa dan hasil yang diberikan lebih akurat. Dengan kemampuan ini maka pengguna bisa mendapatkan informasi yang lebih terpercaya atau reliabel. 

Aplikasi atau platform seperti mesin penelusuran yang mengandalkan GPT 4 bisa menghasilkan jawaban yang lebih akurat dan kredibel. Kemampuan ini juga memberikan sejumlah manfaat, seperti meminimalisir informasi yang keliru, mengurangi penyebaran informasi palsu, dan meningkatkan kepercayaan terhadap aplikasi. 

GPT 4 juga dapat memahami bahasa dengan lebih baik dan lebih panjang dibandingkan ChatGPT. GPT 4 dapat memuat percakapan yang panjangnya mencapai maksimal 25.000 kata. Jika dihitung kemampuan tersebut sekitar delapan kali lebih banyak dibandingkan versi ChatGPT. 

Lebih Aman

Selain akurat, GPT 4 juga lebih aman dibandingkan versi sebelumnya. OpenAI melakukan pengembangan lebih dari enam bulan guna memastikan dan memperketat keamanan GPT 4. OpenAI memperketat monitoring dan berkolaborasi dengan para pakar di berbagai bidang yang berkaitan, seperti pengobatan hingga geopolitik. 

OpenAI juga menyampaikan bahwa sistem GPT 4 akan bekerja 82 persen lebih baik dalam mengurangi atau memblokir konten terlarang. Selain itu, GPT 4 juga memberikan respon yang lebih faktual dibanding ChatGPT.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan GPT 4 dan ChatGPT. Bagi Anda yang membutuhkan program AI lebih canggih dan mumpuni dalam menangkap berbagai intruksi, maka GPT 4 menjadi solusi yang bisa diandalkan. Dengan berbagai fitur baru dan kemampuannya, GPT 4 akan memudahkan berbagai pekerjaan lewat AI. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.