Kajabi, Platform Pendidikan Video dan <i>Web Hosting</i> Capai Rp77 Triliun GMV dari 60.000 Kreator
Kajabi, platform pendidikan video dan web hosting untuk pembuat konten. (foto: twitter @kajabi)

Bagikan:

JAKARTA - Kajabi, platform pendidikan video dan web hosting untuk pembuat konten menjual, mengelola, dan memasarkan kursus online mereka, mengumumkan pada hari ini bahwa 60.000 pembuat konten di platform tersebut telah menghasilkan total 5 miliar dolar AS (Rp77 triliun) dalam gross merchandising value (GMV) sepanjang masa.

Gross Merchandise Value (GMV) adalah nilai total dari produk dan layanan yang terjual melalui suatu platform dalam periode waktu tertentu, tanpa memperhitungkan biaya atau potongan harga yang diberikan.

GMV sering digunakan dalam konteks e-commerce atau marketplace untuk mengukur volume dan nilai transaksi yang terjadi di platform tersebut. GMV juga dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan bisnis dan kesuksesan suatu platform dalam menarik pengguna dan menumbuhkan ekosistem bisnis yang sehat.

Menurut perusahaan, GMV-nya telah meningkat sebanyak 528% sejak 2019 dan lebih dari dua kali lipat sejak akhir 2021. Angka 5 miliar dolar AS adalah lonjakan yang signifikan dari Maret 2020, ketika Kajabi memiliki pendapatan pembuat konten sebesar lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp15,3 triliun) , seperti yang diberitakan oleh mantan chief marketing officer Orlando Baeza kepada TechCrunch.

Didirikan pada tahun 2010 oleh Kenny Rueter dan Travis Rosser, Kajabi memberi pembuat konten "cara-cara", Do-it-Yourself (DIY), dan konten pengetahuan lainnya kemampuan untuk memonetisasi kursus online mereka dan produk digital lainnya seperti pertemuan virtual, program pelatihan, situs keanggotaan, dan podcast.

Saat ini, Kajabi memiliki valuasi lebih dari 2 miliar dolar AS (Rp30,6 triliun). Kajabi sendiri adalah platform hosting web dan pembelajaran video untuk para kreator konten untuk menjual, mengelola, dan memasarkan kursus online mereka. Kajabi didirikan pada tahun 2010 oleh Kenny Rueter dan Travis Rosser dan berkantor pusat di Irvine, California, Amerika Serikat.

Kajabi menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan para kreator konten untuk memonetisasi produk digital mereka, seperti kursus online, acara virtual, program coaching, situs keanggotaan, dan podcast. Para pengguna Kajabi juga dapat mengatur pembayaran, mengelola peserta kursus, memilih tampilan situs web, dan mengakses analisis kinerja.

Capaian GMV ini muncul setelah Kajabi meluncurkan produk AI Creator Hub, yang memberikan pengguna akses ke enam alat berbasis AI yang membantu menghasilkan konten seperti gambaran kursus, halaman arahan, email penjualan, pelajaran kursus, konten media sosial, dan skrip video penjualan. Alat-alat tersebut, yang dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis, bergantung pada GPT-3, model bahasa OpenAI.

Fitur lain yang didukung oleh AI, yaitu Creator Studio, diluncurkan dalam beta baru-baru ini dan mentranskripsikan video, membaca skrip, dan mengidentifikasi kalimat-kalimat kunci untuk membuat ringkasan video.

"Apa yang [AI] lakukan untuk orang-orang yang ingin membangun bisnis adalah memberi mereka dorongan untuk melangkah ke arah yang benar untuk memulai," kata Ahad Khan, CEO Kajabi, kepada TechCrunch. "[Alat-alat ini] benar-benar membantu Anda untuk memulai, yang seringkali menjadi hal yang memperlambat orang."

Kajabi menemukan bahwa rata-rata butuh lebih dari 80 jam untuk membuat kursus online. Dengan memasukkan prompt ke dalam AI Creator Hub baru, perusahaan berharap pembuat konten dapat lebih mudah menghasilkan ide dan meminimalkan waktu mengetik kampanye email dan konten lainnya.