Steam Kini Perbolehkan Anda Menyalin Gim dari Steam Deck ke PC Hanya Gunakan LAN
Steam Deck luncurkan kemampuan baru (foto: Steam)

Bagikan:

JAKARTA - Valve menambahkan kemampuan batu untuk pengguna Steam Deck untuk menyalin file yang ada di satu PC ke PC lainnya menggunakan jaringan area lokal atau LAN. 

"Ini memungkinkan pengguna Steam untuk menginstal gim langsung dari satu PC ke PC lainnya melalui jaringan lokal, tanpa harus mengunduh dan menginstal dari internet," tulis Valve di Twitter. 

Menurut perusahaan, tanpa adanya keharusan untuk mengunduh dan menginstal gim dari server konten Steam di internet, fitur ini akan mengurangi lalu lintas internet dan dapat mempercepat pemasangan atau pembaruan.

Lebih lanjut, Valve mengatakan bahwa saat ini, fitur transfer gim dari PC ke PC atau PC ke Steam Deck hanya bisa dilakukan oleh pengirim dan penerima yang menggunakan Steam Beta, artinya kemampuan ini belum dirilis secara luas ke semua pengguna. 

"Pengguna Steam memiliki kendali atas file yang dapat dikirim ke: hanya diri sendiri, hanya teman, atau semua orang. Pengaturan default hanya untuk diri sendiri," sambungnya. 

Secara default, fitur ini disetel agar hanya berfungsi antar perangkat yang masuk ke akun Steam yang sama, tetapi Anda juga dapat mentransfer file antar teman jika Anda berada di jaringan area lokal yang sama.

Untuk menggunakannya, sebelum Anda mulai mengunduh atau memperbarui gim di Steam, Steam akan terlebih dulu memeriksa apakah ada PC lain yang menjalankan Steam di LAN Anda yang dapat mentransfer konten gim.

Jika PC potensial ditemukan, klien Anda akan meminta server backend Steam untuk menghubungi klien Steam PC lain tersebut dan memulai transfer file gim jika transfer jaringan lokal diaktifkan dan memungkinkan. 

"Jika transfer file gim diterima, PC Anda akan mencoba mengunduh konten sebanyak mungkin dari PC lain. Jika koneksi terputus atau tidak ada lagi konten yang tersedia, Steam akan kembali menggunakan server konten Steam publik untuk mengunduh sisanya," jelas Valve