Valve Hanya Memperbaiki Elden Ring di Steam Deck Bukan di PC, Mengapa?
Valve perbaiki gim Elden Ring hanya untuk Steam Deck (Foto: PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, banyak keluhan terkait masalah bermain gim  Elden Ring di PC. Saat ada masalah di PC, Elden Ring versi Steam Deck sekarang justru jauh lebih lancar.

Pierre-Loup Griffais dari Valve membagikan cara bagaimana mereka memperbaiki masalah gim PC dengan gim.

Seperti dilansir IGN dari Eurogamer, masalahnya adalah bahwa gim ini memiliki masalah kompilasi shader, yaitu adanya jeda sepersekian detik setiap kali efek visual baru ikut bermain.

Gagap telah menjadi masalah besar bagi pemain PC sejak peluncuran gim ini. Bahkan setelah pembaruan. Banyak yang menduga karena cara gim menyusun shader, atau bagaimana hal itu tidak berjalan dengan baik.

Ini tidak terjadi pada konsol karena, dengan perangkat keras tetap seperti konsol yang sama persis dan tidak memiliki variasi komponen seperti PC. Masalah ini dapat diperbaiki lebih awal daripada yang sering terjadi dengan gim PC.

Meskipun merupakan PC, Steam Deck  juga bagian dari perangkat keras tetap, sehingga dapat menikmati manfaat yang sama, asalkan Valve dapat mengimplementasikannya

"Di sisi Linux atau Proton, kami memiliki sistem pra-caching shader yang cukup luas dengan berbagai tingkat representasi cache biner dan tingkat sumber yang telah diunggulkan sebelumnya dan dibagikan ke seluruh pengguna," kata Griffais.

Griffais juga mengungkapkan, mereka memiliki kombinasi GPU atau driver yang unik untuk ditargetkan. “Sebagian besar shader yang Anda jalankan secara lokal sebenarnya sudah dibuat sebelumnya di server di infrastruktur kami,” jelasnya.

Namun, Griffais percaya bahwa sebagian besar masalah di Elden Ring disebabkan oleh faktor lain.

"Gagap yang digerakkan oleh pipa shader bukanlah mayoritas masalah besar yang ada di gim itu. Contoh terbaru yang kami soroti lebih berkaitan dengan gim seperti buffer perintah di tempat-tempat tertentu, yang membuat manajer memori kami bekerja keras saat mencoba menanganinya,” kata Griffais.

Griffais tidak bisa berkomentar apakah masalah ini dialami juga di platform lain atau tidak. “Tetapi kami telah bermain di Deck dengan semua elemen, dan pengalamannya sangat lancar." tandasnya.