MA AS Mendengarkan Kasus Penting Seputar Kebebasan Platform Internet
Mahkamah Agung Amerika Serikat akan mendengarkan sebuah kasus penting yang berkaitan dengan Section 230. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mahkamah Agung Amerika Serikat pada Selasa 22 Februari akan mendengarkan sebuah kasus penting yang berkaitan dengan Section 230 dari Communications Decency Act 1996. Kasus ini menjadi penting karena melibatkan kebebasan platform internet dan pembebasan hukum yang dijamin oleh undang-undang bagi perusahaan-perusahaan internet.

Section 230 memberikan perlindungan hukum bagi platform internet atas konten yang diposting oleh pengguna mereka. Kasus yang akan diputuskan kali ini akan menentukan seberapa jauh perlindungan hukum ini diberikan. Jika putusan yang diambil membatasi perlindungan ini, maka perusahaan-perusahaan internet bisa terbuka untuk tuntutan hukum dari berbagai pihak.

Pada kasus yang didengarkan kali ini, keluarga korban penembakan oleh kelompok militan Islam di Paris pada tahun 2015 mengajukan gugatan terhadap Google LLC dan YouTube, yang merupakan bagian dari Alphabet Inc. Keluarga korban menuduh YouTube telah merekomendasikan video dari kelompok militan kepada pengguna tertentu melalui algoritma komputernya. Namun, gugatan tersebut ditolak oleh pengadilan dengan mengacu pada Section 230.

Keputusan kasus ini akan berdampak besar pada perusahaan-perusahaan internet yang mengoperasikan platform yang memungkinkan pengguna untuk memposting konten. Kasus ini juga memperlihatkan betapa kompleksnya masalah hukum yang terkait dengan kebebasan platform internet.

Pada tahun 2021, pengadilan negara bagian California menolak gugatan seorang blogger feminis yang menuduh Twitter Inc secara tidak sah memblokir postingan yang mengkritik orang transgender sebagai "tindakan kebencian".

Pada tahun 2022, pengadilan federal di California menolak gugatan oleh para penggugat LGBT yang menuduh YouTube, bagian dari Alphabet Inc , membatasi konten yang diposting oleh orang-orang gay dan transgender.

Gugatan-gugatan ini termasuk dalam banyak gugatan yang digagalkan oleh bentuk kekebalan yang kuat yang diakui dalam undang-undang Amerika Serikat yang mencakup perusahaan internet.

Bagian 230 dari Undang-Undang Kecaman Komunikasi 1996 membebaskan platform dari tanggung jawab hukum atas konten yang diposting secara online oleh penggunanya. Dalam kasus besar yang akan didengar di Mahkamah Agung AS pada Selasa 21 Februari, sembilan hakim akan membahas cakupan Bagian 230 untuk pertama kalinya. menurut pakar hukum, putusan yang melemahkannya dapat mengekspos perusahaan internet pada tuntutan hukum dari segala arah.

"Akan ada lebih banyak gugatan daripada jumlah atom di alam semesta," kata profesor hukum Eric Goldman dari Institut Hukum High Tech University of Santa Clara, seperti dikutip Reuters.

Hakim akan mendengarkan argumen dalam sebuah banding oleh keluarga Nohemi Gonzalez, seorang wanita berusia 23 tahun dari California yang ditembak mati selama penyerangan tahun 2015 oleh militan Islam di Paris, atas putusan pengadilan yang menolak gugatan terhadap pemilik YouTube, Google LLC, yang mencari ganti rugi, dengan mengutip Bagian 230. Google dan YouTube adalah bagian dari Alphabet Inc.

Keluarga mengklaim bahwa YouTube, melalui algoritma komputernya, secara tidak sah merekomendasikan video dari kelompok militan Islamic State, yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, kepada sejumlah pengguna.

Hakim akan mendengarkan argumen dalam sebuah banding oleh keluarga Nohemi Gonzalez,  atas putusan pengadilan yang menolak gugatan terhadap pemilik YouTube, Google LLC, yang mencari ganti rugi, dengan mengutip Bagian 230.