Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Freeze? Ini Trik dan Tips yang Bisa Dilakukan
Ilustrasi laptop freeze (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda tentu pernah bertanya bagaimana cara mengatasi laptop freeze. Menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Seperti diketahui, freeze adalah sebuah keadaan saat laptop dalam kondisi macet atau tidak dapat memproses perintah dari user atau pengguna. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda tengah melakukan pekerjaan menggunakan laptop. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop hang atau freeze?

Cara Mengatasi Laptop Freeze

Umumnya, laptop freeze disebabkan karena RAM yang terbatas. RAM adalah tempat penyimpanan sementara yang di dalamnya menyimpan perintah temporer dari user. Saat perintah user bertumpuk dan RAM terlalu kecil, maka risiko yang akan ditemui adalah kondisi freeze atau not responding.

Tak perlu panik, saat Anda menjumpai kondisi laptop freeze, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Tunggu Sejenak

Laptop freeze biasanya terjadi karena perintah user bertumpuk. Saat terjadi penumpukan data, kinerja RAM akan jadi sangat berat, terlebih jika RAM yang ada pada laptop terbatas. Biasanya laptop yang freeze bisa kembali normal dalam beberapa menit. Anda harus menunggu laptop memproses data user sebelum kembali normal lagi.

  1. Tekan Shift + CTRL + Esc Bersamaan

Kombinasi tombol Shift + CTRL + Esc akan membawa Anda menuju Task Manager. Saat Anda dibawa ke Task Manager, Anda bisa menghentikan aplikasi berat yang memakan banyak RAM sehingga menyebabkan laptop mengalami freeze. Selain tiga kombinasi tombol di atas, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol CTRl + Alt + Del lewat keyboard.

  1. Reboot Paksa

Cara ini jadi jalan terakhir saat laptop mengalami freeze, yakni dengan menekan tombol power lalu tahan sampai laptop mati. Setelah itu tunggu sejenak dan nyalakan lagi. Setelah laptop kembali hidup, Anda bisa mulai meneruskan pekerjaan lagi.

Sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan. Bahkan Anda tidak dianjurkan melakukannya terlalu sering karena dikhawatirkan merusak komponen laptop, baik pada hardware maupun software laptop itu sendiri.

Patut diketahui bahwa tiga trik di atas hanya bersifat sementara, artinya tidak menyelesaikan permasalahan laptop freeze.  Untuk mengatasi masalah tersebut, lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Downgrade Windows

Tidak semua laptop cocok dengan seluruh sistem operasi Windows yang ada. Saat Anda memilih untuk instal Windows, ada baiknya mempertimbangkan spesifikasi laptop karena jika hal tersebut tidak dilakukan justru akan membebani laptop.

Sebagai contoh, Anda menggunakan laptop keluaran lama dengan menjalankan Windows 11. Hasilnya laptop jadi sering freeze. Untuk mengatasi kondisi itu Anda bisa beralih ke Windows 10.

  1. Upgrade RAM

Seperti telah disinggung sebelumnya, RAM adalah tempat penyimpanan sementara. RAM kecil akan membuat laptop terbebani. Oleh karena itu Anda disarankan untuk upgrade RAM. Cara ini memang sangat memakan biaya, namun sangat ampuh untuk mengatasi laptop yang sering freeze.

  1. Jangan Instal dan Buka Aplikasi Terlalu Banyak

Untuk menghindari laptop freeze atau hang ada baiknya Anda tidak melakukan instal aplikasi yang terlalu banyak. Anda juga tak disarankan membuka aplikasi terlalu banyak agar perintah tidak bertumpuk.

  1. Scan dengan Antivirus

Laptop freeze juga bisa disebabkan karena virus. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan scaning laptop dengan antivirus.

Selain cara mengatasi laptop freeze, kunjungi VOI.ID untuk informasi lainnya.