Laptop Anda Cepat Panas Saat Digunakan, Lakukan Tips Ini untuk Mengatasinya
Laptop Anda Cepat Panas Saat Digunakan, Lakukan Tips Ini untuk Mengatasinya (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Laptop merupakan perangkat penting yang biasa digunakan oleh banyak orang saat ini untuk menunjang pekerjaan maupun mengerjakan tugas sekolah hingga kuliah.

Oleh karenanya, kenyamanan saat menggunakan laptop sangat penting supaya pengguna tetap bisa terus produktif dan tidak terganggu oleh hal-hal non teknis saat bekerja atau membuat tugas.

Akan tetapi, tidak jarang perangkat atau laptop yang Anda gunakan cepat panas. Padahal, Anda belum lama menghidupkannya. Hal itu cukup mengganggu, terutama jika Anda harus membuat laporan yang cukup banyak.

Selain itu, perangkat yang panas akan membuat kinerjanya menjadi lambat, hingga mengalami error. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka pekerjaan Anda bisa terganggu.

Oleh katena itu, untuk membantu pengguna mengatasi laptop yang cepat panas, tim VOI telah merangkum sejumlag tips yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Cek Mesin Kipas di Laptop

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas adalah mengecek mesin kipas di laptop.

Setiap kali Anda merasa laptop Anda menjadi panas, cobalah cek mesin kipas pada laptop Anda. Caranya  cukup mudah, pengguna hanya perlu meletakkan tangan Anda di sebelah ventilasi kipas. Dengan cara tersebut, Anda dapat mengetahui apakah kipas laptop Anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika kipas laptop dapat berfungsi secara baik, Anda akan merasakan udara panas yang keluar. Namun jika Anda hanya merasakan sedikit atau tidak sama sekali, mungkin saja terdapat debu yang menumpuk sehingga menghambat kinerja kipas.

Pengguna dapat membersihkannya dengan membukanya secara mandiri, atau pergi ke tempat service untuk meminta bantuan.

Hindari Penggunaan Laptop yang Terlalu Intens

Penggunaan perangkat elektronik yang terlalu intens, menjadi salah satu sebab laptop Anda cepat panas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengatur penggunaan laptop Anda dengan lebih baik agar mesin laptop tidak cepat panas.

Perhatikan Posisi saat Meletakkan Laptop

Cara mengatasi laptop yang cepat panas berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi laptop saat Anda menggunakannya.

Salah satu penyebab laptop cepat panas adalah kurangnya ventilasi yang di sekitar perangkat Anda. Oleh karena itu, saat menggunakannya Anda dapat meletakkan laptop menggunakan buku atau cooling pad laptop untuk memberikan ventilasi yang baik di bawah mesin laptop Anda.

Itu tadi sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mesin laptop yang cepat panas saat digunakan. Pengguna dapat memilih lebih dari 1 tips di atas supaya laptop Anda terus awet dan pekerjaan Anda tidak terganggu.