Cara Verifikasi Akun Instagram untuk Mendapatkan Tanda Centang Biru di Sebelah Nama Akun
Cara Verifikasi Akun Instagram untuk Mendapatkan Tanda Centang di Sebelah Nama Akun (Hotmart)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Centang biru Instagram merupakan tanda yang menunjukkan bahwa sebuah akun benar-benar asli, yakni mewakili orang, brand, atau entitas asli yang ada di masyarakat.

Tanda centang biru tersebut akan muncul di sebelah nama akun Instagram pengguna. Nantinya, pengguna Instagram lain yang melakukan pencarian akan melihat akun Anda telah terverifikasi, dan direkomendasikan di posisi atas.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan tanda centang biru atau verifikasi, pengguna Instagram harus memenuhi sejumlah syarat seperti autentik, unik, lengkap, dan populer.

Jika Anda sudah memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan, pengguna dapat mengajukan permintaan verifikasi ke Instagram. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Apabila pengguna ingin mengajukan verifikasi akun, tetapi masih bingung cara mengajukan permintaan ke Instagram, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langakh yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan verifikasi akun.

Cara Melakukan Verifikasi Akun Instagram

Agar akun Anda terverifikasi di Instagram dan mendapatkan tanda centang biru, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke akun Instagram yang ada di perangkat Anda.

Setelah itu, pengguna dapat masuk ke halaman profil yang berada di sebelah kanan bawah layar ponsel pengguna. Pilih menu ikon tiga garis yang berada di bagian atas halaman profil Instagram.

Selanjutnya, akan muncul sejumlah menu yang akan muncul. Pengguna dapat memilih menu Setting, atau Pengaturan pada menu yang tersedia, kemudian pilih menu Account.

Setelah masuk ke menu Account, pengguna dapat meminta verifikasi akun dengan klik menu Request Verification. Pada bagian ini, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi sejumlah data untuk memastikan keaslian dari data tersebut. Pengguna juga bakal diminta untuk mengunggah dokumen yang diperlukan.

Setelah proses pengecekan data dan upload dokumen berhasil dilakukan, pengguna dapat klik tombol "Submit" yang berada di bagian bawah. Dengan demikian, data yang sudah Anda masukkan akan disimpan oleh Instagram.

Setelah itu, Instagram akan meninjau data yang sudah Anda masukan selama beberapa hari. Maksimal peninjauan tersebut dilakukan selama 30 hari setelah Anda mengajukan permintaan.

Jawaban dari permintaan verifikasi yang Anda minta akan diberikan melalui kolom notifikasi yang ada di Instagram. Pada balasan tersebut Anda akan mengetahui apakah permintaan Anda dikabulkan atau ditolak.

Kendati begitu, pengajuan verifikasi yang telah memenuhi syarat belum tentu disetujui untuk mendapatkan verifikasi berupa centang biru di akun Instagram Anda.

Namun, Anda tetap bisa mengajukan kembali permintaan verifikasi akun untuk mendapat tanda centang biru setelah beberapa hari permintaan Anda tidak diterima dengan melakukan langkah-langkah seperti di atas