Bagikan:

YOGYAKARTA – Centang biru di Gmail adalah salah satu fitur yang dikeluarkan oleh Google sebagai bukti bahwa email yang bersangkutan telah terverifikasi. Fitur ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan blue tick (centang biru) pada platform lain seperti Instagram, Telegram, Twitter, dan sebagainya. berikut ini cara mendapatkan centang biru di Gmail Anda.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Gmail

Perlu diketahui, tanda centang biru Gmail menandakan bahwa Google telah mengonfirmasi indentitas pengirim email lewat Gmail. Fitur ini membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap akun Gmail yang bercentang biru.

Artinya, email yang dikirim oleh Gmail bercentang biru bisa dipastikan bukan spam, phising, atau pesan yang mengarah kepada kejahatan penipuan.

Dilansir dari situs Mailer Cloud, Google sendiri menentukan kriteria dan syarat khusus yang diberikan kepada pemohon centang biru Gmail. Berikut ini kriteria Gmail yang akan dipertimbangkan mendapat centang biru.

  1. Tokoh Publik dan Selebritis

Verifikasi centang biru Gmail awalnya memang diberikan untuk memverifikasi tokoh publik dan selebritis. Contoh profesi yang memenuhi syarat untuk dapat centang biru seperti aktor, musisi, atlet, politisi, jurnalis, dan tokoh terkemuka lain di suatu negara.

  1. Brand dan Organisasi

Brand dan organisasi juga bisa mendapat verifikasi centang biru. Hal tersebut membantu mereka meraih kepercayaan serta meningkatkan kredibilitas mereka. Centang biru juga akan membantu brand maupun organisasi menghindari peniru.

  1. Pakar Tertentu

Google memiliki kriteria kelayakan centang biru sehingga dapat digunakan oleh seseorang yang menjadi pakar di bidangnya. Contoh sosok ini adalah seorang profesional yang punya dampak besar di lingkungan sosialnya atau punya banyak pengikut.

  1. Media dan Jurnalis

Media, organisasi berita, dan jurnalis mendapat fasilitas centang biru untuk membantu mereka meraih kepercayaan serta membangun reputasi baik. Perlu diketahui bahwa media dan jurnalis memang bekerja untuk memerangi missinformasi sehingga layak dapat centang biru.

  1. Influencer

Influencer di media sosial dan platform online lain memenuhi syarat untuk mendapatkan verifikasi centang biru.

Langkah Mendapatkan Centang Biru Gmail

Perlu diketahui bahwa centang biru Gmail tidak bisa diajukan layaknya media sosial lain seperti Instagram. Untuk melakukannya, Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Penuhi Kriteria yang Dipersyaratkan

Tidak semua orang bisa mendapatkan verifikasi dari Google. Untuk mendapatkannya, Anda harus memenuhi beberapa kriteria yang telah disebutkan di atas.

  1. Gunakan DKIM, SPF, dan DMARC

DomainKeys Identified Mail (DKIM), Sender Policy Framework (SPF), dan Domain-based Message Authentication, Reporting & Conformance (DMARC) adalah protokol yang diterapkan di Gmail. Ketiganya digunakan untuk mencegah spoofing email serta meningkatkan keamanan pengiriman surat elektronik (surel).

Cara mengatur DKIM, SPF, dan DMARC bisa dengan mengikuti tutorila yang ada di halaman dukungan Google.

  1. Miliki VMC

Anda harus memiliki Verified Mark Certificate (VMC). Cara mendapatkannya adalah dengan mengajukan ke DigiCert atau Entrust. Keduanya memiliki otoritas untuk menerbitkan sertifikat. Nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat Privacy Enhanced Mail (PEM) yang bisa dipakai untuk memverifikasi setiap email keluar (centang biru).

  1. Atur BIMI

BIMI atau Brand Indicators for Message Identification adalah fitur yang diperuntukkan bagi akun tertentu untuk melakukan autentikasi serta verifikasi logo. Protokol ini akan menetapkan keaslian dan kelayakan brand agar lebih mudah mendapatkan centang biru Gmail.

Pengunggahan logo dilakukan ke server website publik yang punya nama domain sesuai dengan server email.

Itulah informasi terkait cara mendapatkan centang biru di Gmail. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.