Tips Merawat  <i>Hard Disk Eksternal </i> Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
Tips Merawat Hard Disk Eksternal Agar Awet (GetProStorage)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Daya tahan adalah musuh alami teknologi. Seiring berjalannya waktu, perangkat pasti akan rusak, hingga mati dan tak bisa diperbaiki lagi. Kini yang bisa pengguna lakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah melakukan perawatan.

Sebelumnya, penulis sudah menguraikan panjang lebar mengenai cara memilih hard disk terbaik. Namun, semahal apa pun hard disk yang Anda beli, kerusakan adalah hal yang pasti akan dihadapi.

Untuk mencegah hard disk rusak dalam waktu singkat, tim VOI sudah siapkan tips merawat hard disk eksternal. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah:

Biasakan Mencabut Hard Disk dengan Opsi Safely Remove

Tips pertama yang wajib Anda lakukan adalah saat mencabut hard disk eksternal dari laptop atau PC. Jangan asal mencabutnya. Sebaiknya, gunakan opsi Safely Remove atau Eject sebelum mencabut perangkat.

Pasalnya, opsi ini akan menghapus seluruh data cache yang muncul dan tertinggal akibat proses transfer data antara kedua perangkat. Ya, meskipun terkesan sepele dan mudah dilupakan, langkah ini begitu penting untuk menjaga keawetan hard disk Anda.

Jauhkan Hard Disk Eksternal dari Benda Bermagnet

Sederhana, namun tak kalah penting. Ketika menyimpan hard disk, letakkan di area yang jauh dari air, cipratan air, serta perangkat yang mengandung magnet. Seperti umumnya perangkat elektronik, magnet bisa mengakibatkan konsleting di bagian dalam perangkat.

Sementara itu, magnet bisa mempengaruhi kinerja hard disk eksternal. Pasalnya, bagian dalam perangkat terbuat dari logam. Terutama bagian piring penyimpanan yang sangat rentan terhadap gaya magnet dari perangkat lain.

Hindari Benturan

Cara paling cepat untuk merusak hard disk eksternal adalah dengan benturan. Mungkin, fakta ini sudah diketahui sebagian besar pembaca. Tapi, patut dicatat, hard disk merupakan perangkat yang sangat rapuh. Ada beberapa bagian yang bisa eror akibat sedikit goncangan.

Bahkan, benturan agak keras mampu menyebabkan komponen piringan pecah. Hingga rusak. Sehingga, jaga perangkat agar tidak mengalami benturan.

Hindari Suhu Tinggi

Seperti umumnya komponen komputer, hard disk eksternal dirancang untuk beroperasi dalam suhu tertentu. Rentang suhu ini akan berbeda, bergantung pada model, teknologi, serta produsen.

Masalahnya, butuh perhatian ekstra untuk menjaga suhu perangkat. Jika Anda lalai dalam menjaga suhu serta sirkulasi udara, ruang di sekitar piringan bisa makin panas. Hingga kemudian melelehkan piringan dan membuatnya rusak.

Nah, itulah beberapa tips merawat hard disk ekster agar awet dan tahan lama. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda untuk membuat hard disk eksternal bisa digunakan lebih lama.