Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda tak perlu panik saat laptop mendadak hang. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara. Oleh karenanya ketahui cara mengatasi laptop hang tidak bergerak yang terjadi secara mendadak.

Seperti diketahui, hang pada laptop adalah keadaan saat sistem tak mampu merespon atau memproses perintah tertentu yang diminta oleh user. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengetahui cara menyelesaikan permasalahan hang pada laptop ada baiknya kenali dulu penyebabnya.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Penyebab laptop mengalami hang bisa beragam. Seringkali faktor tersebut berasal dari laptop sendiri. Beberapa penyebab laptop freeze adalah sebagai berikut.

  1. Perintah Bertumpuk

Penyebab seringnya laptop mengalami hang atau freeze adalah bertumpuknya perintah yang diinginkan oleh user. Kondisi ini mungkin terjadi biasanya dalam beberapa kondisi, misalnya, Anda sedang terburu-buru memproses file tanpa mempedulikan kecepatan laptop dalam memproses perintah dalam satu waktu.

  1. RAM Terbatas

RAM adalah kependekan dari Random Acces Memory. Fungsi RAM adalah tempat penyimpanan data sementa, biasanya berbentuk perintah yang tidak permanen. RAM kecil berpengaruh pada performa laptop. Perintah bertumpuk yang tidak diimbangi dengan RAM memadai akan berimbas pada laptop mengalami hang.

  1. Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang terlalu banyak bisa jadi penyebab laptop hang, terlebih aplikasi yang berat dan membutuhkan RAM besar. Membuka aplikasi berat dalam satu waktu akan membuat laptop hang.

  1. Teknologi Laptop Usang

Teknologi yang diterapkan pada laptop kini semakin maju. Potensi laptop mengalami hang akan lebih besar terjadi pada laptop versi lama.

Meski banyak faktor yang jadi penyebab, Anda masih bisa mengatasi laptop hang dengan beberapa cara yakni sebagai berikut.

  1. Bersihkan BIOS Cache

Basic Input Output System (BIOS) adalah induk seluruh sistem pada laptop. BIOS berisi berbagai pengaturan dan data laptop. Untuk mengantisipasi laptop hang, Anda bisa menghapus cahce pada BIOS yang membuat sistem berat. Cara membersihkan BIOS Cache adalah dengan menekan tombol f2, f8, f11, atau f12. Tombol yang dipencet tergantung dengan merk laptop.

  1. End Task Windows

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak adalah dengan menekan secara bersamaan tombol Shift + CTRL + Esc atau CTRl + Alt + Del pada keyboard. Langkah ini adalah shortcut untuk masuk ke Task Manager. Anda bisa menutup aplikasi berat yang jadi penyebab laptop hang lewat shortcut ini.

  1. Hindari Aplikasi Berat

Aplikasi yang membutuhkan RAM besar akan berpengaruh pada performa laptop. Untuk menghindari laptop hang ada baiknya menghindari aplikasi berat. Anda bisa mencari alternatif aplikasi lain yang sesuai dengan RAM laptop Anda.

  1. Hapus Aplikasi Berat

 Anda juga bisa menghapus aplikasi berat yang telah terinstal di laptop karena akan memperberat kinerja laptop Anda. Lakukan unsintal aplikasi berat yang jarang Anda pakai seperti aplikasi desain atau aplikasi edit video.

  1. Lakukan Restart

Langkah ini bisa jadi pilihan terakhir untuk laptop hang. Memulai ulang sistem operasi laptop akan menyelesaikan hang secara instan namun sifatnya sementara. Artinya ada potensi laptop mengalami hang lagi ke depannya.

Itulah informasi terkait cara mengatasi laptop hang tidak bergerak. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.