Komet ZTF akan Dekati Bumi Setelah 50.000 Tahun, Tapi Tiba-tiba Alami Perubahan yang Tak Biasa
Komet ZTF mengalami perubahan yang tidak biasa. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Komet berwarna hijau atau yang dijuluki Komet ZTF tiba-tiba mengalami perubahan yang tidak biasa. Benda langit ini  terlihat dari Bumi untuk pertama kalinya sejak Zaman Es.

Beberapa minggu terakhir, Komet ZTF menimbulkan kehebohan karena tengah meluncur menuju Bumi, yang jaraknya cukup dekat ke planet ini sehingga bisa terlihat dengan mata telanjang.

Pendekatan ini, akan menjadi jarak terdekat pertama selama 50.000 tahun pada 1 Februari. Lebih lanjut, perubahan yang tidak biasa itu menunjukkan ekor dari komet tersebut telah terlepas.

Peristiwa itu terlihat dari gambar yang diambil oleh pemburu komet Michael Jäger, dijuluki oleh para ilmuwan sebagai pemutusan, di mana ekornya terbawa oleh angin matahari.

Sebuah studi pada 2018, menggambarkan peristiwa itu sebagai fenomena paling luar biasa dari ekor plasma yang terbentuk di belakang komet tersebut.

Fenomena ini terjadi pada saat-saat intens angin matahari. Cuaca itu memisahkan ekor dan kepala komet, dan dianggap sebagai hasil dari medan elektrostatis yang terbentuk di belakangnya.

Dalam beberapa kasus dikutip dari The Independent, Selasa, 24 Januari, pemutusan bisa begitu kuat sehingga ekor komet terlepas. Ini merupakan periode sibuk untuk lontaran massa koronal (CME), dapat menyebabkan hembusan angin matahari yang kuat.

Ada sejumlah CME yang melewati komet, yang mendekati Bumi dan Matahari pada waktu sibuk untuk aktivitas matahari. Para astronom termasuk mereka yang berada di rumah akan dapat melacak komet saat mendekati Bumi, dan bahkan bisa mengamati perubahan komet saat melakukannya.

Saat Komet ZTF semakin dekat, itu dan mungkin ekornya bisa terlihat dengan mata telanjang. Ekor membuat sebagian besar terlihat di komet, meskipun objek itu sendiri mungkin hanya beberapa mil lebarnya, ekor di belakangnya dapat membentang hingga ribuan mil, yang terdiri dari debu dan dikeluarkan dari objek, serta dibuang oleh panas matahari.