NASA Minta Bantuan Astronom Amatir, Cari Planet Alien di Luar Tata Surya
Di luar Tata Surya terdapat banyak planet asing yang tidak mungkin diamati sendiri oleh NASA.

Bagikan:

JAKARTA - Di luar Tata Surya terdapat banyak planet asing yang tidak mungkin diamati sendiri oleh NASA. Karenanya, badan antariksa AS tersebut meminta astronom amatir untuk membantu mencarinya.

Melalui program Exoplanet Watch, NASA akan meminta astronom amatir untuk membantu melacak planet di luar Tata Surya, juga dikenal sebagai planet ekstrasurya.

Untuk mencarinya, para peserta bisa menggunakan teleskop sendiri atau mempelajari data dari teleskop lain yang disediakan NASA melalui komputer atau ponsel cerdas mereka.

"Dengan Exoplanet Watch Anda dapat mempelajari cara mengamati exoplanet dan melakukan analisis data menggunakan perangkat lunak yang digunakan ilmuwan NASA sebenarnya," ungkap pencipta program Exoplanet Watch dan astrofisikawan di JPL NASA, Rob Zellem.

"Kami sangat bersemangat untuk menunjukkan kepada lebih banyak orang bagaimana sains planet ekstrasurya benar-benar dilakukan," imbuhnya.

Program Exoplanet Watch dimulai pada 2018 di bawah NASA Universe of Learning, yakni salah satu program Science Activation badan antariksa tersebut, di mana siapa pun dapat mengalami bagaimana sains dilakukan dan menemukan alam semesta untuk diri mereka sendiri.

Melansir Space, Selasa, 17 Januari, saat itu tercipta, ada batasan jumlah orang bisa membantu melihat data yang dikumpulkan oleh teleskop lain. Sekarang, program tersebut dapat diakses lebih luas, mengizinkan siapa saja mengunduh dan menganalisis data.

Saat ini, terdapat lebih dari 5.000 planet ekstrasurya yang telah dikonfirmasi dan potensi jutaan lainnya yang belum ditemukan. Dan jika astronom amatir memiliki teleskop sendiri, program Exoplanet Watch dapat membantu mereka mempelajari cara mendeteksi transit planet ekstrasurya, berapa pun ukuran teleskop yang digunakan.

Pengamatan bersama membantu penemuan planet ekstrasurya disebut HD 80606 b, yang akan diamati oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb akhir tahun ini. Planet ini terdeteksi menggunakan pengamatan gabungan dari lebih dari 20 peserta program Exoplanet Watch.

"Saya harap program ini menurunkan hambatan sains bagi banyak orang dan menginspirasi generasi astronom berikutnya untuk bergabung dengan bidang kami," kata Zellem.

Bahkan jika tidak memiliki teleskop, astronom amatir dapat berpartisipasi dalam program Exoplanet Watch. Mereka bisa melihat pengamatan planet ekstrasurya selama 10 tahun yang dikumpulkan oleh teleskop kecil berbasis darat di selatan Tucson, Arizona.

Data baru dari dua teleskop di fasilitas Table Mountain JPL di California Selatan, AS, juga akan ditambahkan ke database program tahun ini yang dapat digunakan oleh peserta.

Terkait