Ilmuwan Temukan Planet yang Punya Suhu Mirip dengan Bumi
Planet TOI 1231 b punya suhu mirip Bumi (NASA Gov)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam rangka pencarian kehidupan di luar Bumi, para peneliti dari Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of Mexico menemukan sebuah planet yang memiliki kondisi mirip dengan Bumi yakni planet TOI-1231 b.

Melansir Sputnik News, TOI 1231 b mengorbit di bintang katai merah setiap 24 hari. Planet tersebut mempunyai atmosefer sekitar 330 Kelvin atau 140 derajat Fahrenheit.

Ini merupakan salah satu planet kecil yang diprediksi bisa menopang kehidupan dan dapat digunakan untuk keperluan riset atmosfer di luar tata surya. Dari hasil penelitian bintang kerdil di TOI 1231 b.

Para peneliti mengamati komposisi planet tersebut dengan memperhitungkan kepadatannya. TOI 1231 b kerdil itu berusia lebih tua dari Matahari serta memiliki suhu yang menyerupai dengan Bumi.

Para ilmuwan berspekulasi kemungkinan ada awan di atmosfer planet tersebut. Keberadaan awan di sana bisa membuktikan keberadaan air di permukaan TOI 1231 b tersebut.

“Pengamatan masa depan planet baru ini akan memungkinkan kita untuk menentukan seberapa umum (atau seberapa jarang) awan air terbentuk di sekitar dunia beriklim sedang ini,” ujar ilmuwan NASA JPL, Jennifer Burt.

Meski demikian, penelitan lebih lanjut masih diperlukan guna mendapat informasi yang lebih komprehensif terkait kemungkinan adanya kehidupan di planet luar tata surya tersebut.

Diana Dragomir selaku Asisten Profesor di Departemen Fisika dan Astronomi UNM mengatakan bahwa penelitian selanjutnya bisa memungkinkan para astronom untuk mengetahui bagaimana planet tersebut terbentuk secara berbeda di sekitar katai M, jika dibandingkan dengan planet-planet di sekitar Matahari.

“Salah satu hasil yang paling menarik selama dua dekade terakhir terkait pengetahuan planet ekstrasurya adalah bahwa, sejauh ini, tidak ada sistem planet baru yang kami temukan terlihat seperti tata surya kita sendiri,” ungkap Burt, dikutip dari Sputnik News.