AI Generatif Akan Jadi Teknologi Penting dalam Peningkatan Produk Kreatif
AI Generatif akan jadi teknologi masa depan (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Alibaba DAMO Academy (DAMO), inisiatif penelitian global oleh Alibaba Group, mengungkapkan bahwa di antara tren teknologi terkemuka, AI Generatif diharapkan dapat membuat langkah lebih jauh dengan aplikasinya yang terus berkembang dalam mengubah proses produksi konten digital. 

Menurut DAMO, dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi di masa depan dan pengurangan biaya, AI Generatif akan menjadi teknologi inklusif yang secara signifikan dapat meningkatkan variasi, kreativitas, dan efisiensi pembuatan konten.

Selain AI Generatif, teknologi penting lainnya yang muncul di masa depan adalah inteligensi keputusan mesin ganda yang didukung oleh optimalisasi operasi dan pembelajaran mesin.

Dengan demikian, sistem kecerdasan keputusan bermesin ganda ini memungkinkan alokasi sumber daya yang dinamis, komprehensif, dan real-time, seperti pengiriman listrik secara real-time, optimalisasi throughput pelabuhan, penugasan stan bandara, dan peningkatan dalam proses manufaktur. Sehingga, teknologi dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional.

Komputasi dan keamanan cloud diperkirakan akan terus memainkan peran kunci dalam transformasi digital bisnis. Berkat teknologi keamanan dan komputasi cloud yang menjadi lebih terintegrasi daripada sebelumnya, maka layanan keamanan bisa beralih ke cloud native, berorientasi platform, dan cerdas.

“Melihat ke tahun 2023, kemajuan berbagai teknologi akan mendorong desain perangkat lunak/perangkat keras serta integrasi teknologi komputasi dan komunikasi," kata Jeff Zhang, Head of Alibaba DAMO Academy dalam sebuah pernyataan yang diterima. 

Menurut Zhang, penerapan teknologi secara luas akan memfasilitasi peluncuran AI dan teknologi digital lainnya di pasar vertikal dan mendorong kolaborasi sektor publik dan swasta serta individu dalam teknologi keamanan dan manajemen keamanan. Inovasi yang didorong oleh kemajuan teknologi dan aplikasi khusus industri mereka telah menjadi tren yang tidak dapat diubah.