Layanan <i>Ride-Hailing</i> Didi Global Kembali Dapatkan Lampu Hijau untuk Beroperasi di China
Didi Global kembali beroperasi di China. (foto: twitter @didiglobal)

Bagikan:

JAKARTA - Didi Global China telah mendapatkan lampu hijau dari regulator domestik untuk melanjutkan pendaftaran pengguna baru untuk layanan ride-hailing  yang efektif mulai berlaku Senin, 16 Januari yang menandakan perombakan yang didorong oleh peraturan selama 1-1/2 tahun telah berakhir.

Didi telah menunggu persetujuan untuk melanjutkan pendaftaran pengguna baru dan mengunduh 25 aplikasinya yang dilarang di China sebagai langkah kunci untuk kembali ke bisnis secara normal sejak masalah regulasi dimulai pada pertengahan 2021.

Reuters melaporkan pada Jumat, 13 Januari yang mengutip sumber, bahwa otoritas China akan mengizinkan Didi untuk melanjutkan pendaftaran pengguna baru dan mengunduh aplikasinya di rumah paling cepat pekan ini.

"Perusahaan kami telah dengan sungguh-sungguh bekerja sama dengan tinjauan keamanan siber negara, secara serius menangani masalah keamanan yang ditemukan dalam tinjauan tersebut dan melakukan perbaikan menyeluruh selama lebih dari satu tahun," katanya dalam sebuah pernyataan pada Senin, dikutip Reuters.

Didi juga akan mengambil langkah-langkah efektif untuk memastikan keamanan platform dan keamanan data, serta menjaga keamanan dunia maya nasional, tambah Didi dalam pernyataan tersebut.

Langkah terbaru muncul ketika para pembuat kebijakan China berusaha memulihkan kepercayaan sektor swasta dan mengandalkan industri teknologi untuk membantu memacu aktivitas ekonomi yang telah dirusak oleh pandemi COVID-19.

Didi akan membutuhkan ride-hailing andalannya dan aplikasi lain untuk kembali ke toko aplikasi domestik untuk memenangkan pengguna baru, meskipun pernyataan tersebut tidak secara khusus menyebutkan hal itu.

Menurut sumber Reuters, bisnis Ride-hailer diluncurkan di Beijing pada tahun 2012 dan didukung oleh investor terkemuka termasuk Alibaba, Tencent   dan SoftBank Group, bertentangan dengan regulator yang kuat, Cyberspace Administration of China (CAC ) ketika pada tahun 2021 mereka melanjutkan pencatatan sahamnya di AS bertentangan dengan keinginan regulator, sumber sebelumnya mengatakan kepada Reuters.

Masalah peraturan Didi kemudian dimulai, dengan adanya perintah 25 aplikasi selulernya untuk dihapus dari toko aplikasi, pendaftaran pengguna baru ditangguhkan, dan denda 1,2 miliar dolar AS atas pelanggaran keamanan data.

Perusahaan membayar denda tahun lalu, denda peraturan terbesar yang dikenakan pada perusahaan teknologi China sejak Alibaba dan Meituan   masing-masing didenda  2,75 miliar dolar AS dan 527 juta, dolar AS pada tahun 2021 oleh regulator antimonopoli Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar di China.

Mereka juga terpaksa mengakhiri perjalanannya selama 11 bulan sebagai perusahaan yang diperdagangkan di Bursa Efek New York pada Juni tahun lalu, mengubahnya dari buah ledakan internet di China menjadi salah satu korban terbesar dari tindakan keras peraturan Beijing.

Masalah peraturan telah memukul Didi dengan buruk, memotong dominasinya dan memungkinkan layanan transportasi online saingan yang dioperasikan oleh pembuat mobil Geely  dan SAIC Motor  untuk mendapatkan pangsa pasar di seluruh China.