Cara Menggunakan Reaksi Emoji di Google Meet
Google baru saja meluncurkan fitur reaksi emoji baru ke aplikasi , Meet. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Minggu lalu Google baru saja meluncurkan fitur reaksi emoji baru ke aplikasi video konferensinya, Meet. Dan bagi Anda yang ingin menggunakan fitur itu tetapi belum mengetahui caranya, baca terus artikel ini.

Sejatinya, Google cukup telat menghadirkan fitur reaksi emoji, karena banyak karyawan yang mulai bekerja dari kantor dan meninggalkan kebiasaan bekerja mereka secara hybrid, yang masih membutuhkan aplikasi video konferensi untuk membuat sebuah rapat.

Fitur ini juga sebenarnya sudah direncanakan sejak 2021 , tetapi baru dirilis pada Januari 2023. Selain itu, perusahaan juga merilisnya untuk iOS terlebih dahulu dan menjanjikan fitur ini akan segera tersedia untuk Android, baik Anda menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Windows Explorer sebagai browser default.

Reaksi emoji itu meliputi, hati, acungan jempol, popper pesta, tepuk tangan, kegembiraan, takjub, berpikir, menangis, dan emoji jempol ke bawah.

Tak perlu berlama-lama, berikut cara menggunakan reaksi emoji di Google Meet, dikutip dari berbagai sumber, Senin, 16 Januari.

1. Buka Google Meet dan mulai ikuti rapat Anda

2. Lihat di bagian bawah layar, tepat di sebelah tombol angkat tangan.

3. Klik tombol reaksi emoji untuk membuka deretan emoji yang tersedia.

4. Pilih reaksi emoji yang diinginkan.

5. Perlu dicatat, meskipun opsi reaksi emoji ini tersedia secara default saat Google Meet dimulai, penyelenggara rapat dapat menonaktifkan opsi ini.

6. Setelah memilih reaksi emoji, reaksi itu akan ditampilkan di sudut kiri atas ikon Anda. Jika semua orang bereaksi pada saat yang sama, semua reaksi akan terlihat.

7. Anda juga dapat menyesuaikan warna kulit tangan di bagian reaksi emoji. Caranya, gerakkan mouse Anda pada ikon warna kulit. Untuk menyesuaikan warna kulit reaksi emoji, klik lagi tombol reaksi emoji.

8. Tombol warna kulit ditempatkan di sisi kanan kotak. Mengkliknya akan membuat warna kulit lain muncul, dan Anda dapat memilih warna kulit yang diinginkan.