Google Ungkap Manfaat Penerapan AI Generatif di Industri Media dan Hiburan
Manfaat penerapan AI generatif untuk industri media (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan teknologi terus berkembang sangat pesat. Saat ini, gelombang transformasi baru hadir dengan AI generatif, sejenis kecerdasan buatan (AI) yang dapat berinteraksi dengan pengguna dalam bahasa alami dan membuat data baru, mulai dari outline cerita, laporan, dan bentuk teks, hingga konten seperti gambar, video, dan audio.

Teknologi AI ini juga dapat diaplikasikan ke semua industri, termasuk industri media dan hiburan. Untuk melihat hubungan antara AI generatif di industri media dan hiburan, Google merilis artikel tentang bagaimana perusahaan media dapat menerapkan AI generatif. 

Berikut ini adalah tiga manfaat penerapan AI generatif untuk. Industri media dan hiburan:

Meningkatkan pembuatan, produksi, dan pengelolaan konten

Jika beberapa orang mengkhawatirkan perkembangan AI yang pesat dapat mematikan profesi kreatif, Anang justru beranggapan bahwa AI generatif dapat membuka cara baru untuk membuat materi tertulis, ilustrasi, efek suara, efek khusus, dan banyak lagi. 

"Yang sebenarnya terjadi adalah sebaliknya. Fotografi, rekaman audio, dan gambar yang dihasilkan komputer telah mengaktifkan mode kreativitas baru alih-alih membuat yang lama menjadi usang, AI generatif akan mengaktifkan bentuk ekspresi baru dan meningkatkan bentuk yang sudah dikenal sebelumnya," jelas Anang Efendy, Country Manager, Enterprise and Public Sector, Indonesia, Google Cloud dalam pernyataannya. 

Contohnya, wartawan sudah menggunakan alat seperti Pinpoint untuk memadukan dan menganalisis sejumlah besar informasi yang ditenagai AI generatif. 

"Produser film dan televisi dapat menggunakan teknologi ini untuk mempercepat pascaproduksi, dengan antarmuka baru yang mendukung AI untuk menyesuaikan atau menyempurnakan dengan cepat untuk detail pemandangan seperti pencahayaan dan warna," pungkasnya. 

Meningkatkan dan kustomisasi pengalaman audiens

Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa AI generatif dapat membantu perusahaan media mempertahankan audiens dengan mengaktifkan pencarian dan rekomendasi yang lebih canggih di platform konten digital mereka. Dengan kemampuan multimodal yang diperluas dari bahasa alami hingga konten audio dan video, AI generatif memiliki posisi yang tepat untuk memperkuat pengalaman audiens yang lebih personal.

Meningkatkan Monetisasi

Karena konsumsi konten semakin meluas dari program televisi linier hingga menyertakan penawaran digital di lebih banyak platform, perangkat, dan jenis konten, perusahaan media menghadapi tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan monetisasi.

AI generatif dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan pendapatan iklan melalui iklan yang lebih bertarget, kontekstual, dan personal. Bayangkan tampilan dan video iklan dihasilkan dengan cepat untuk kustomisasi spesifikasi produk, pesan, gaya, warna, dan karakteristik lainnya yang tak terhitung banyaknya. Ini akan mendorong engagement yang lebih tinggi, rasio click-through, dan pendapatan iklan per impression.