Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi Apple Music dan Apple TV diam-diam telah tiba sebagai versi pratinjau di Windows 11. Aplikasi tersebut terlihat mirip dengan versi yang tersedia di macOS tetapi sedikit dimodifikasi untuk Sistem Operasi (OS) Microsoft itu.

Pratinjau tersebut pertama kali dilaporkan pengguna Twitter @ALumia_Italia, yang kemudian dilihat oleh Thurrott. Apple Music dan Apple TV versi pratinjau itu dapat diunduh dari Microsoft Store, bersama dengan aplikasi pratinjau lain yang disebut Apple Device. Dengan aplikasi itu, pengguna dapat mengelola perangkat Apple dari PC Windows mereka.

Pada acara Surface 2022, Microsoft mengumumkan deretan aplikasi milik Apple tersebut akan hadir di Windows 11 tahun ini, jadi bukan suatu kejutan.

Aplikasi media Windows mandiri Apple telah lama hadir, yang merekrut insinyur untuk membangunnya pada 2019. Aplikasi tersebut menggantikan iTunes di Mac, dan tujuannya adalah untuk akhirnya menggantikannya di Windows juga.

Melansir Engadget, Jumat, 13 Januari, Apple TV berfungsi seperti aplikasi di Xbox atau Smart TV, memberikan akses ke Apple TV+ dan Apple TV Channels, bersama dengan film dan acara TV dari iTunes Store. Aplikasi Apple Music hampir sama dengan versi macOS tetapi tidak memiliki fitur lirik.

Adapun Apple Device, itu juga menggantikan iTunes untuk melakukan sinkronisasi dan cadangan. Pengguna dapat mencadangkan perangkat Apple, menyinkronkan media lokal, dan memulihkan firmware tanpa memerlukan iTunes.

Ketiga aplikasi Apple baru ini memerlukan Windows 11 versi 22621.0 atau lebih tinggi. Apple menyatakan, memasang salah satu dari aplikasi ini akan mencegah iTunes untuk Windows terbuka.

Pengguna harus menghapus aplikasi untuk terus menggunakan iTunes. Itu tidak selalu berarti buruk, karena iTunes untuk Windows tidak benar-benar menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa.