Apple Diyakini Bakal Hadirkan Fitur Face ID di Bawah Layar pada iPhone 16 Pro
Face ID akan berada di bawah layar iPhone 16. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple bakal mampu menghadirkan ID Wajah (Face ID) di bawah layar ke iPhone 16 Pro. Menurut laporan dari outlet Korea The Elec (melalui MacRumors), teknologi yang digunakan untuk Face ID ini akan berfungsi atau hidup langsung di bawah layar, menyatu dengan tampilan lainnya setelah dihidupkan dan hanya memperlihatkan potongan untuk menghadap ke depan kamera.

Desas-desus tentang teknologi di bawah layar pertama kali muncul tahun lalu. Namun teknologi ini tidak pernah berhasil pada iPhone 14 Pro, dan iPhone 15 juga tidak diharapkan disertai teknologi itu. Jalur pelaporan Elec dengan prediksi dari analis rantai pasokan Ross Young, yang men-tweet tahun lalu bahwa dia mengharapkan iPhone 16 Pro muncul dengan ID Wajah (Face ID) di bawah layar.

Alasan mengapa hal itu belum terjadi sebelumnya adalah karena teknologi untuk teknologi di bawah layar belum ada, dan itu terbukti dengan perusahaan telepon lain yang telah mencoba untuk menggabungkan kamera di bawah layar, seperti ZTE.

Samsung juga telah bereksperimen dengan kamera di bawah layar, namun pembuat smartphone ternama ini tidak dapat melakukannya dengan benar. Mereka pertama kali menambahkan fitur itu ke Galaxy Z Fold 3, tetapi kamera masih terlihat bahkan saat layar dihidupkan dan memotret gambar berkualitas rendah untuk boot.

Sementara Galaxy Z Fold 4 menampilkan beberapa peningkatan tambahan yang menyembunyikan kamera di bawah layar sedikit lebih baik, namun masih mengambil foto 4 megapiksel yang remeh.

Face ID jelas berbeda dari kamera selfie tradisional. Fitur ini menggunakan kamera inframerah TrueDepth untuk memetakan dan menganalisis wajah pengguna, dan itu membuat tantangan teknologi semakin sulit.

Apple tidak dapat meluncurkan iPhone dengan Face ID di mana kamera IR kesulitan mengidentifikasi wajah pengguna saat mencoba untuk membuka kunci ponsel atau membayar dengan Apple Pay.

Menurut The Elec, Apple berencana untuk memperluas teknologi ini untuk menyertakan kamera selfie biasa – bukan hanya kamera IR Face ID – di bawah layar juga. Ini berpotensi menghilangkan takik sepenuhnya, karena Apple tidak lagi memerlukan guntingan di layar untuk menampung komponen Face ID dan lubang kamera. Tidak jelas kapan Apple akan berhasil melakukan ini, tetapi Young tidak mengharapkannya setidaknya sampai iPhone 18 Pro pada tahun 2026.

Untuk saat ini, sepertinya iPhone 16 masih memiliki semacam takik untuk kamera, meskipun lebih kecil dan berpotensi kurang terlihat. Tetapi ketika takik itu hilang, itu akan mempertanyakan masa depan Pulau Dinamis, yang dibangun di atas guntingan dan mengubahnya menjadi ruang interaktif untuk mengawasi skor olahraga atau memeriksa status perjalanan Uber Anda.

Sepertinya Apple belum berencana untuk menghilangkan fitur tersebut, karena rencananya akan hadir di semua model iPhone 15. Namun iPhone 15 Pro, di sisi lain, dikabarkan akan muncul dengan beberapa peningkatan tambahan, termasuk volume haptic dan tombol daya, serta USB-C.