Apple Segera Luncurkan iPhone 14, Face ID Ditempatkan di Bawah Layar
Jajaran iPhone 14 Pro akan menampilkan desain lubang berbentuk pil untuk kamera depan. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Rumor tentang peluncuran iPhone pada tahun 2022 dari Apple yang akan datang terus bergulir. Salah satu pembocor DylanDKT lewat Twitter telah mengklaim bahwa jajaran iPhone 14 Pro akan menampilkan desain lubang berbentuk pil untuk kamera depan. Sementara untuk sebagian besar perangkat keras pengenalan Wajah (face ID) Apple ditempatkan di bawah layar, tidak untuk merusak pemandangan.

Laporan tersebut menguatkan rumor sebelumnya dari analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo dari akhir tahun lalu, yang juga mengklaim bahwa iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max 2022 akan beralih ke kamera berlubang.

Apple membuat perubahan besar pertamanya pada takik pengenalan Wajah iPhone dengan jajaran iPhone 13 tahun lalu, yang menampilkan takik sedikit lebih kecil daripada desain asli yang digunakan Apple sejak diluncurkannya iPhone X pada 2017.

Apple memindahkan susunan pengenalan Wajah di bawah layar sambil menjaga potongan agar masuk akal: Penyiapan berbasis IR  Face ID tidak akan terlalu terpengaruh oleh kekaburan dan warna lemah yang ada untuk kamera depan di bawah layar saat ini. Desain ini mengurangi Takik iPhone 14 Pro ke potongan yang lebih kecil yang akan menempatkan Apple kembali sejajar dengan pesaing mereka di Android, yang telah lama meninggalkan takik besar Apple dengan desain potongan kamera kecil selama bertahun-tahun.

Tampaknya Apple telah mencari takik yang lebih ramping sebagai pembeda desain antara jajaran iPhone 14 Pro yang lebih mahal dan model iPhone 14 standar, yang dikatakan mempertahankan takik Face ID yang ada.

Selain itu, tampaknya ambisi di bawah layar Apple hanya akan meluas ke jajaran kamera Face Wajah: Laporan akhir tahun 2021 dari Kuo mengklaim bahwa rencana lama Apple untuk mengembalikan sensor Touch ID dalam bentuk pemindai sidik jari di bawah layar telah terbukti dan tidak terjadi sampai awal tahun 2023.

DylanDKT juga mengklaim bahwa Apple akan merilis model iPhone SE yang diperbarui pada tahun 2022. Model ini akan mempertahankan desain luas yang sama dengan SE 2020 saat ini, tetapi menambahkan teknologi 5G dan spesifikasi yang ditingkatkan.

Sementara itu, iPhone yang dapat dilipat, hingga kini  masih dalam tahap pembuatan prototipe. Pasalnya Apple dilaporkan "memainkan permainan panjang untuk melihat bagaimana teknologi ponsel lipat berkembang" sebelum berkomitmen ke perangkat konsumen. Klaim ini juga sejalan dengan laporan Kuo sebelumnya.