Sharp Kembangkan Prototipe VR Baru yang Bisa Terhubung ke <i>Smartphone</i>
Sharp perkenalkan prototipe VR baru di CES 2023 (foto: dok. Sharp)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam gelaran teknologi dunia, Consumer Electronics Show (CES) 2023, Sharp Corporation memamerkan prototipe mounted display untuk VR (Virtual Reality) terbarunya. 

Prototipe head mounted display untuk VR (Virtual Reality) yang dapat terhubung ke smartphone ini memiliki bobot ultra ringan yaitu hanya 175 gram dan kualitas gambar high definition.

Produk prototipe ini dapat dikoneksikan dengan menggunakan perangkat canggih milik Sharp, seperti layar VR ultra-ringan dan lensa mata ultra-tipis yang cemerlang.

Meski memiliki bobot yang ringan, produk ini dapat digunakan selama berjam-jam tanpa dan dapat dilipat menjadi ukuran yang lebih ringkas, sehingga mudah dibawa ke manapun. 

Dari sisi layarnya, prototipe ini mampu menghadirkan definisi tinggi 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 Hz. Gambar realistis yang dihasilkan dapat menciptakan pengalaman yang memukau. 

Prototipe ini menggabungkan modul kamera warna RGB Sharp yang unik, sehingga menampilkan gambar kaya warna yang realistis layaknya dunia nyata.  Selain itu, produk ini juga dilengkapi fungsi gambar pop-up yang menampilkan dunia nyata di sekitarnya di jendela terpisah di bagian ruang VR. 

Selain itu, headset ini memiliki dua kamera B/W untuk mendukung fungsi pelacakan tangan (hand tracking) yang mengenali gerakan tangan pengguna dan mengubahnya menjadi pengoperasian di bidang yang terlihat. 

"Dengan dimulainya pengembangan ini, Sharp akan mempercepat penciptaan pengalaman baru yang menggabungkan dunia nyata dan virtual," ungkap Robert Wu selaku CEO Sharp  Corporation dalam pernyataan yang diterima di Jakarta.