Bagikan:

JAKARTA - Apple  akan menggunakan layar organic light-emitting diode (OLED) untuk semua model iPhone yang dijual mulai tahun 2025 dan seterusnya. Mereka akan sepenuhnya meninggalkan penggunaan layar liquid crystal displays (LCD), seperti dilaporkan oleh surat kabar Jepang, Nikkei, pada  Selasa, 3 September mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya.

Produsen televisi dan smartphone semakin banyak mengadopsi layar OLED dibandingkan LCD karena kemampuan OLED dalam menampilkan warna yang lebih hidup dan kontras yang lebih tajam, yang sangat ideal untuk video berdefinisi tinggi.

Langkah ini akan mengecualikan Sharp Corp  dan Japan Display  dari bisnis ponsel Apple, menurut laporan Nikkei. Apple telah mulai memesan layar OLED untuk model iPhone SE yang akan datang dari BOE Technology China  dan LG Display Korea Selatan.

Sharp dan Japan Display, yang sekitar satu dekade lalu memiliki pangsa gabungan 70% dari layar iPhone, baru-baru ini hanya memasok LCD untuk iPhone SE dan tidak memproduksi massal layar OLED untuk smartphone, tambah laporan tersebut.

Apple pertama kali menggunakan panel OLED pada iPhone X yang diluncurkan pada 2017 dan sejak itu beralih ke OLED untuk model iPhone premium. Perusahaan juga telah membawa layar OLED ke model iPad Pro generasi terbaru yang diluncurkan pada bulan Mei.

Sharp, Japan Display, dan LG Display menolak berkomentar saat dihubungi oleh Reuters. Apple juga belum memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar.