CEO TikTok Shou Zi Chew Akan Bertemu dengan Kepala Antimonopoli Uni Eropa, Apa yang Mau Dibahas?
Kepala antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager. (foto: twitter @vestager)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Eksekutif TikTok Shou Zi Chew akan bertemu dengan kepala antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager di Brussel pada 10 Januari. Hal ini terungkap dalam agenda pertemuan yang dirilis oleh Komisi Eropa pada Jumat, 6 Januari.

Chew juga akan bertemu Komisaris Nilai dan Transparansi Vera Jourova dan Komisaris Eropa untuk Urusan Dalam Negeri Ylva Johansson pada hari yang sama, menurut agenda tersebut.

Seorang juru bicara Komisi Eropa mengatakan pertemuan itu diharapkan mencakup masalah-masalah seperti perlindungan data pribadi oleh platform online seperti TikTok dan penerapan Undang-Undang Layanan Digital UE.

Dia menolak mengomentari rincian spesifik lebih lanjut dari pertemuan itu atau siapa yang memintanya.

TikTok sendiri memastikan untuk memberikan informasi keterbukaan tentang platform mereka, serta ingin menggaransi jika data pelanggan yang mereka miliki tidak mudah di akses oleh siapa pun atau disalahgunakan.

Persoalan data ini menjadi sebuah kasus yang pelik di AS, setelah muncul pelarangan penggunaan TikTok di perangkat pemerintah. Tak hanya di AS, di India TikTok juga sudah dilarang sejak tahun lalu, bahkan kemungkinan Brasil akan menyusul.

Tentunya TikTok tidak mau hal itu juga berlaku di Eropa, yang selama ini menjadi salah satu pasar yang besar bagi perusahaan media sosial itu.