Bagikan:

JAKARTA - CEO TikTok Shou Zi Chew akan bertemu dengan Kepala Industri Uni Eropa (UE) Thierry Breton, Kepala Digital UE Vera Jourova, dan Kepala Antitrust Didier Reynders minggu depan.

Pertemuan ini akan berlangsung di waktu yang berbeda. Chew akan bertemu Breton pada 6 November, kemudian bertemu Jourova dan Reynders sehari setelahnya yang akan digelar di Brussels.

Kepada Reuters, juru bicara TikTok mengatakan bahwa Chew akan memberikan informasi terbaru mengenai keamanan data yang sedang TikTok tingkatkan melalui Project Clover.

Proyek ini merupakan upaya TikTok dalam memantau aliran data, mengontrol akses informasi pengguna di Eropa secara esktra, dan menjaga keamanan data pengguna di wilayah tersebut.

Selain itu, Chew akan memberikan pengarahan kepada komisioner mengenai tindakan TikTok dalam mematuhi kebijakan konten online UE atau Undang-Undang Layanan Digital (DSA).

Sebelum pertemuan ini direncanakan, Breton sempat memberikan peringatan kepada TikTok terkait masalah disinformasi pada bulan lalu. Breton juga meminta transparansi TikTok dalam mengatasi krisis tersebut.

Transparansi ini diminta dalam bentuk rincian mengenai bagaimana TikTok melindungi integritas pemilu dan anak di bawah umur secara online. Rincian ini harus diberikan paling lambat 8 November mendatang.