WhatsApp Kerjakan Fitur Bisa Transfer Obrolan Tanpa Perlu Cadangan Google Drive
ILUSTRASI/DOK WHATSAPP

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi perpesanan milik Meta, WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur agar pengguna dapat mentransfer data termasuk obrolan dan media yang ada dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya tanpa menggunakan cadangan cloud.

Informasi yang disampaikan WABetaInfo menyatakan, dalam versi terbaru WhatsApp Beta 2.23.1.26, perusahaan sedang bekerja menghadirkan opsi agar pengguna dapat mengakses percakapan di perangkat Android yang berbeda, tanpa perlu repot membuat cadangan riwayat obrolan di Google Drive.

Jika sudah resmi dirilis, fitur baru yang sedang dikerjakan ini dapat diakses dengan membuka WhatsApp lalu ke Pengaturan klik Obrolan, lalu pilih opsi Obrolan transfer ke Android.

Untuk mentransfer data, pengguna perlu mengunduh WhatsApp di perangkat yang ingin mereka bagikan obrolan dan memindai QR Code yang tersedia dengan membuka WhatsApp di perangkat lain.

Perlu diperhatikan, meski kemampuannya menyediakan cara yang lebih cepat untuk memigrasikan percakapan antar perangkat tanpa memperbarui catatan obrolan, hal itu tidak menggantikan pentingnya mencadangkan obrolan.

Pengguna tetap disarankan untuk mencadangkan obrolan secara rutin ke Google Drive untuk melindungi percakapan mereka jika mengalami masalah dengan ponsel.

Sekali lagi, fitur itu sedang buat oleh WhatsApp dan saat ini juga tidak dapat diakses oleh penguji Beta. Belum ada informasi lebih lanjut kapan WhatsApp akan meluncurkannya.

Sebagai informasi dikutip dari Neowin, Sabtu, 7 Januari, pada Juli tahun lalu, WhatsApp lebih dahulu membuat transfer data obrolan dari iOS ke ponsel Android dan sebaliknya menjadi lebih nyaman.