WhatsApp Buat Fitur Baru yang Mengontrol Secara Rinci Konten Apa Saja yang Ingin Disimpan
WhatsApp terus kembangkan fitur baru untuk penggunanya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp sedang mengerjakan fitur yang akan menawarkan pengguna kontrol yang lebih terperinci atas konten apa yang ingin mereka cadangkan dan mengecualikan jenis file tertentu yang tidak ingin mereka simpan di akun cloud tertaut mereka.

Sejauh ini, satu-satunya kontrol yang dimiliki pengguna saat membuat cadangan cloud adalah memilih apakah mereka ingin menyertakan video juga. Data obrolan lainnya, seperti riwayat obrolan teks, gambar, file, klip audio, dan pengaturan tertentu secara otomatis dicadangkan ke akun Google Drive atau iCloud yang ditautkan.

Meskipun masih ada keterbatasan dalam hal pemulihan data WhatsApp lintas platform, masalah lain yang mengemuka adalah ukuran cadangan. Bagi pengguna, terutama mereka yang bertukar banyak dokumen dan gambar, membuat cadangan cloud bisa menjadi urusan yang memakan waktu dan begitu pula proses pemulihannya.

Selain itu, mereka yang menggunakan paket data seluler terbatas mungkin merasa sedikit lebih mahal untuk membuat cadangan cloud dari seluruh log obrolan WhatsApp mereka, bahkan setelah mengecualikan video.

Tampaknya WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih file apa yang ingin mereka simpan ke akun cloud tertaut mereka saat membuat cadangan. Dalam versi beta terbaru WhatsApp (v2.21.21.7, sekarang tersedia melalui Google Play), WABetaInfo melihat penyebutan halaman cadangan yang lebih disempurnakan di bagian Pengaturan aplikasi di mana pengguna mendapatkan sakelar khusus untuk foto, audio, video , dokumen, dan media lain yang dibagikan dalam obrolan mereka.

Sebelumnya, satu-satunya tombol yang dimiliki pengguna adalah untuk mencadangkan video ke cloud yang nantinya dapat dipulihkan di perangkat lain atau setelah menghapus aplikasi. Sebagai referensi, sepertinya perubahan tidak tersedia secara luas untuk semua penguji beta yang menjalankan versi terbaru v2.21.21.7 di Android.

Keuntungan terbesar dari bagian pencadangan obrolan yang lebih terperinci adalah pengguna dapat mengontrol file apa yang ingin mereka cadangkan ke layanan cloud tertaut mereka. Mengurangi file yang tidak perlu yang tidak layak untuk dicadangkan pasti akan mempercepat proses dan mengkonsumsi lebih sedikit data, yang sangat membantu bagi mereka yang melakukan bisnis melalui WhatsApp dan sering berbagi katalog gambar produk.

Namun, keuntungan terbesar dari proses backup data terkontrol di WhatsApp adalah aspek keamanan. Facebook mengatakan tidak dapat mengakses data yang disimpan sebagai cadangan di layanan cloud, meskipun aktivitas terbaru mungkin tidak memberikan banyak kepercayaan.

Layanan cloud tidak kebal terhadap peretasan. Misalnya, ada peretasan iCloud yang terkenal yang menyebabkan gambar sensitif beberapa selebritas bocor secara online. Facebook baru-baru ini berjanji akan segera mengamankan cadangan dengan enkripsi end to end dan juga menjelaskan secara ekstensif fitur kunci keamanan yang ditingkatkan, meskipun alat tersebut belum dirilis secara luas.

Tampaknya kemunduran hukum terkait privasi baru-baru ini telah memaksa Facebook untuk meluncurkan alat keamanan-sentris yang lebih kuat untuk platformnya dan itu hal yang baik bagi pengguna.