Sudah Tiga Hari Jakarta Panas Terik, BMKG: Hujan Sedang Kondisi <i>Break</i>
Suasana panas di Jakarta. (Image Credit: Adrian Pranata / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah tiga hari kondisi di DKI Jakarta mengalami panas terik. Intensitas hujan pun menjadi rendah tidak seperti sebelumnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, saat ini hujan sedang mengalami kondisi break atau istirahat.

"Kondisi Jakarta sesuai dengan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG secara rutin, disampaikan bahwa secara umum kondisi cuaca Cerah-Berawan dengan Hujan Ringan-Sedang pada siang-sore hari," ungkap Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG, Ana Oktavia Setiowati kepada VOI, Sabtu, 7 Januari.

Ana menjelaskan musim hujan belum usai, sebab puncaknya sesuai dengan data BMKG akan berada pada Januari hingga Februari tahun ini, dan pada periode tersebut hujan tidak selalu muncul.

"Dalam periode tersebut bukan berarti bahwa sepanjang hari akan terjadi hujan, tentu akan ada waktu-waktu break di mana cuaca menjadi lebih baik," jelas Ana.

Di samping itu, berhentinya hujan pada hari-hari terakhir ini penyebabnya bukan karena penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC.

"Terkait dengan TMC masih tetap berjalan dengan posko di Lanud Halim Perdana Kusuma dengan Sortie mengikuti perkembangan kondisi cuaca," tutur Ana.

Terakhir, Ana menyatakan bahwa penerapan TMC akan berjalan hingga 10 Januari mendatang.