Capcom Larang Resident Evil Code Veronica Fan Remake untuk Rilis karena Masalah Hak Cipta
Gim Resident Evil Code: Veronica fan remake haru batal rilis karena hak cipta (foto: Twitter @BioDeclassified)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang BriinsCroft mengumumkan bahwa Resident Evil Code Veronica Fan Remake, sebuah proyek dari penggemar Resident Evil Code: Veronica harus ditutup atas perintah dari Capcom. 

Gim tersebut merupakan sebuah proyek gim dari para penggemar seri Resident Evil yang menginginkan Capcom untuk merilis gim baru dari dari RE Code: Veronica yang diluncurkan pada 2011 silam. 

Proyek ini rencananya akan hadir tahun ini. Namun, ternyata Capcom meminta pengembang untuk membatalkan perilisan gim tersebut. 

Menurut keterangan langsung dari pengembang, BriinsCroft mengatakan bahwa dua kantor Capcom menghubungi mereka dan mengajukan pertanyaan seputar model dan animasi 3D.

"Mereka ingin mengetahui informasi dari mana kami mendapatkan model dan animasi. Setelah beberapa email menanyakannya, mereka memutuskan untuk membatalkan kami, dengan sangat ramah, sampai saat itu tanpa masalah," kata pengembang dalam sebuah tangkapan layar yang dibagikan. 

Setelah itu, pengembang mengklaim bahwa mereka mendapat email lagi dari departemen lain dari Capcom, yang menuntut mereka untuk membatalkan proyek dan segera menghapus halaman web. 

Capcom juga membahas tentang hak cipta dari judul Resident Evil serta model dan animasi 3D perusahaan yang dapat membahayakan mereka jika gim remake ini diterbitkan. 

"Dalam email ini mereka tidak lagi baik dan mulai membaca hukum Amerika Serikat (seolah-olah kami peduli) dan singkatnya mereka memberi tahu kami bahwa kami tidak dapat menggunakan nama Resident evil karena memiliki hak cipta dan menggunakan model dan animasi perusahaan dapat membahayakan perusahaan, dll," tambahnya.