FTX Bangkrut, CEO Pantera Capital Tetap Yakin <i>Blockchain</i> Tidak Gagal, Ini Alasannya
CEO Pantera Capital, Dan Morehead, percaya bahwa ada dua area dalam kripto yang benar-benar berfungsi. (foto: twitter @dan_pantera)

Bagikan:

JAKARTA – Saat pertukaran FTX yang disorot di seluruh dunia keuangan karena bangkrut, kepercayaan pada ruang kripto kini tampaknya semakin berkurang. Namun, CEO Pantera Capital, Dan Morehead, percaya bahwa ada dua area dalam kripto yang benar-benar berfungsi.

Menurut eksekutif ini, narasi yang mempertanyakan blockchain dan menyebutnya sebagai kegagalan karena keruntuhan FTX adalah salah. CEO Pantera ini berpendapat bahwa ada beberapa hal dalam kripto yang berfungsi, seperti pertukaran yang diatur dan pertukaran yang terdesentralisasi.

Dalam sebuah surat kepada investor, Morehead menyatakan bahwa sementara pencela kripto dan regulator yang skeptis menyatakan perlunya pendekatan yang berbeda dalam perdagangan blockchain, ia menawarkan solusi sederhana.

“Ada pertukaran seperti Coinbase, Kraken, dan Bitstamp yang, ketika klien mengirimkan uang kepada mereka, mereka hanya menaruhnya di bank. Solusinya cukup mudah,” kata Morehead seperti dikutip Cointelegraph.

Terlepas dari pertukaran yang diatur, Morehead juga percaya bahwa ruang keuangan terdesentralisasi juga berfungsi dengan baik. Secara khusus, CEO Pantera menunjuk ke arah pertukaran terdesentralisasi seperti Uniswap, 0x, 1inch, Balancer dan Dodo.

Menurut Morehead, bisnis di ruang blockchain bergerak kembali ke entitas yang aman. Eksekutif berpendapat bahwa FTX tidak ada hubungannya dengan janji blockchain, yang menyoroti bahwa “blockchain tidak gagal.”

Dengan keruntuhan FTX yang menarik perhatian regulator di seluruh dunia, platform investasi Superhero membatalkan penggabungannya dengan pertukaran kripto Swyftx. Dalam sebuah surat kepada para penggunanya, Superhero mengatakan bahwa karena lingkungan saat ini, perusahaan tersebut akan membatalkan merger dan melanjutkan sebagai perusahaan terpisah.

Sementara itu, mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried menandatangani surat ekstradisi dan akan diterbangkan ke Amerika Serikat di mana dia menghadapi tuntutan pidana terkait penipuan kawat, konspirasi untuk melakukan pencucian uang, pelanggaran dana kampanye dan konspirasi untuk melakukan penipuan kawat, komoditas dan sekuritas.