Akun Instagram Terblokir? Simak Cara Mencari Tahu Mengapa Akun Anda Terblokir
Cara mengetahui mengapa akun Anda diblokir Instagram (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir semua media sosial memiliki ketentuan dan kebijakannya masing-masing, dan sebagai pengguna, kita wajib mengikutinya. 

Seperti Instagram, platform media sosial milik Meta itu memiliki kebijakannya sendiri. Meta memiliki sistem AI sendiri untuk meninjau konten yang melanggar kebijakannya, dan kemudian akun tersebut akan diblokir secara otomatis.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum mengetahui dengan detail kebijakan apa yang dilanggar, sehingga akun mereka terblokir. Jadi bagaimana cara mengetahui jika akun Instagram Anda diblokir? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkannya kembali? Berikut ini penjelasannya. 

Cara Memeriksa Status Akun Instagram

Anda dapat memeriksa status akun Instagram Anda untuk mengetahui apakah Anda telah memposting sesuatu yang bertentangan dengan Pedoman Komunitas Instagram. Yang harus dilakukan adalah:

Periksa apakah postingan Anda dihapus karena Pedoman Komunitas. Dengan membuka profil > klik menu hamburger (tiga garis horizontal) > Setting > Account > Account status. 

Jika Anda belum pernah melanggar pedoman komunitas Instagram, maka akan muncul tulisan "Anda belum memposting apapun yang memengaruhi Status Akun Anda."

Namun jika konten Anda dihapus, Pelajari mengapa konten Anda dihapus dan minta peninjauan penghapusan, jika menurut Anda pihak Instagram melakukan kesalahan.

Mengapa Akun Saya Diblokir? 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Instagram dapat menonaktifkan akun Anda:

  • Berusia di bawah 13 tahun.
  • Anda telah memposting konten yang sebagian telanjang, telanjang, seksual, atau berhak cipta.
  • Anda telah menggunakan Instagram untuk tujuan ilegal atau tidak sah. Ini termasuk mengadaptasi, memodifikasi, atau meretas Instagram.
  • Anda telah melecehkan, mengancam, atau menyamar sebagai pengguna Instagram lainnya.
  • Anda telah menggunakan bot atau membayar untuk mendapatkan lebih banyak pengikut.

Namun, untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi halaman Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas resmi Instagram. 

Cara Memulihkan Akun Anda

Jika menurut Anda Instagram melakukan kesalahan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan akun Anda, yaitu adalah melaporkannya ke Instagram. 

Caranya adalah, buka Instagram, kemudian masukkan kredensial login Anda, dan Anda akan mendapatkan pesan yang memberi tahu Anda bahwa akun Anda diblokir.

Jika Anda tidak melihat pesan itu, Anda dapat mengunjungi Pusat Bantuan Instagram. Kemudian menghubungi dukungan melalui aplikasi:

  1. Buka profil Anda.
  2. Ketuk ikon menu tiga baris di pojok kanan atas layar.
  3. Ketuk Setting > Help, dan pilih salah satu opsi.