Bagikan:

YOGYAKARTA - Para pengguna ATM sering kali lupa memperhatikan pemakaian hingga ATM miliknya terblokir. Ketika mengalami hal ini tentunya nasabah akan bingung dan panik karena tidak bisa melakukan transaksi, seperti transfer atau mengambil uang. Lantas bagaimana cara aktifkan ATM yang terblokir?

Ada beberapa penyebab mengapa ATM Anda diblokir atau dibekukan oleh pihak bank. Bisa jadi karena masa berlakunya sudah habis atau penggunaan yang salah. Saat ATM terblokir, maka akses ke rekening dan layanan perbankan elektronik tidak bisa Anda lakukan. 

Bagi Anda yang mengalami ATM terblokir, sebaiknya Anda segera mengurusnya kepada pihak bank. Tidak perlu panik berlebihan, karena ada beberapa cara membuka ATM kembali ATM yang terblokir. Selain itu Anda juga perlu tahu penyebab ATM terblokir, supaya tidak mengalami lagi di kemudian hari. 

Penyebab ATM Terblokir

ATM bisa dibekukan atau diblokir oleh pihak bank (penyedia kartu kredit) karena berbagai alasan. Selain karena expired date sudah terlewati, biasanya bank memblokir ATM nasabahnya apabila menemukan aktivitas mencurigakan dan terindikasi disalahgunakan. 

Batas waktu pemblokiran ATM bisa bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing bank atau penyedia kartu kredit. Berikut ini beberapa penyebab ATM terblokir yang wajib Anda tahu:

Salah Memasukan PIN Berulang Kali

Apabila Anda salah memasukan PIN 3 kali berturut-turut, maka ATM Anda akan diblokir oleh pihak bank. Setelah melakukan 3 kali percobaan PIN dan gagal, kartu Anda akan terkunci.

Masa Berlaku Habis

ATM juga bisa terblokir apabila expired date atau masa berlaku sudah habis. Batas expired date kartu ATM adalah selama 5 tahun. 

Terjadi Aktivitas Mencurigakan

Bank juga akan memblokir kartu ATM juga mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan pada rekening Anda. Alasannya untuk menghindari potensi penyalahgunaan kartu ATM atau rekening Anda oleh orang tidak bertanggung jawab.

Pencurian atau Kehilangan Kartu

ATM terblokir juga bisa terjadi apabila kartu Anda dicuri atau hilang. Umumnya pihak bank akan membekukan kartu ATM Anda untuk mencegah potensi penyalahgunaan.

Saldo Tidak Mencukupi

Pihak bank juga akan membekukan atau memblokir kartu ATM yang saldonya tidak mencukupi. Jika saldo tidak mencukupi untuk transaksi, maka ATM mungkin akan menolak untuk digunakan transaksi.

Terdapat Masalah Teknis

Penyebab lain dari ATM terblokir adalah adanya masalah teknis. Misalnya permasalahan pada mesin ATM atau sistem bank yang bisa membuat ATM tidak berfungsi untuk sementara. 

Cara Mengaktifkan ATM yang Terblokir

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurus ATM yang terblokir supaya bisa dibuka kembali. Cara mengaktifkan ATM yang terblokir bisa dilakukan dengan menghubungi customer service atau datang langsung ke kantor bank terdekat. 

Cara Mengaktifkan ATM yang Terblokir Melalui CS

Bagi Anda yang sibuk atau tidak sempat pergi ke bank, mengurus ATM yang terblokir bisa Anda lakukan melalui panggilan telepon. Sebaiknya Anda segera menghubungi customer service atau call center bank penyedia kartu Anda. 

Sampaikan kepada layanan customer service kalau ATM Anda terblokir. Pihak bank biasanya akan langsung melakukan verifikasi data, seperti menanyakan lokasi, nominal saldo, dan aktivitas transaksi atau tanggal penarikan tunai terakhir. CS biasanya juga akan menanyakan info-info lainnya guna memastikan bahwa Anda adalah pemilik ATM tersebut. 

Berikut ini langkah-langkah mengurus ATM yang terblokir melalui customer service:

  1. Silakan menelepon nomor call center bank penyedia kartu ATM Anda. 
  2. Sampaikan kalau ATM Anda terblokir tanpa mengetahui penyebabnya.
  3. Customer Service akan melakukan verifikasi nomor rekening, nomor kartu ATM, nomor KTP, dan transaksi terakhir.
  4. Jika data sudah cocok atau sesuai, CS akan menanyakan apakah Anda masih mengingat PIN ATM yang terblokir.
  5. Jika masih ingat PINnya maka kartu ATM biasanya dapat digunakan kembali menggunakan PIN semula.

Cara Mengaktifkan ATM yang Terblokir Langsung ke Bank

Anda juga bisa mengurus ATM yang terblokir dengan mendatangi langsung ke kantor bank terdekat. Bisa jadi ketika Anda berkonsultasi ke customer service, terkadang CS tidak dapat menyelesaikan masalah Anda secara langsung. 

Jadi jika memungkinkan, sebaiknya datang ke kantor bank untuk mengurus ATM Anda yang terblokir. Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan kembali ATM yang terblokir dengan datang ke bank:

  1. Jangan lupa membawa kartu ATM yang terblokir, buku tabungan, serta KTP.
  2. Silakan datang kantor bank terdekat dan menemui satpam untuk menyampaikan masalah Anda
  3. Anda diminta mengisi form berisi tujuan meminta pembukaan blokir kartu ATM.
  4. Selanjutnya bayar biaya pembukaan blokir sesuai ketentuan (jika diminta).

Demikianlah cara mengaktifkan ATM yang terblokir melalui customer service atau datang langsung ke bank. Anda juga perlu menanyakan ke pihak bank terkait berapa lama ATM Anda akan diblokir. Baca juga apa itu rekening pasif yang dinonaktifkan oleh bank.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.