Kenali Apa Itu Sniffing dan Cara Mendeteksinya, Pencurian Data yang Bisa Kuras Uang
Ilustrasi sniffing (Unsplash/FLY:D)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penipuan sniffing banyak dikhawatirkan oleh pengguna teknologi digital di era sekarang. Sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan data melalui jaringan internet. Sniffing termasuk dalam cyber crime yang sangat merugikan korbannya.

Sniffing dilakukan oleh hacker atau penipu dengan tujuan untuk mencuri data dan informasi penting lewat jaringan internet. Data yang dicuri biasanya, yaitu username akun, password m-banking, email, informasi kartu kredit, dan data penting lainnya. 

Ada berbagai modus penipuan sniffing. Aksi sniffing yang marak terjadi belakangan ini memakai modus foto pesanan paket. Penipu mengaku sebagai kurir paket dan mengirim file foto paket kepada korbannya melalui chat WhatsApp. File yang dikirim tersebut sebenarnya adalah aplikasi berbahaya. Jika file tersebut diunduh korbannya maka pengirim dapat mengambil data dari ponsel korban. 

Setiap orang diminta untuk selalu hati-hati dalam aktivitas komunikasi dan informasi menggunakan perangkat digital. Langkah ini diperlukan untuk menghindari tindak penipuan sniffing. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu sniffing dan jenis-jenisnya. 

Apa Itu Sniffing

Sniffing adalah salah satu kejahatan siber atau digital yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Sniffing dilakukan untuk tindakan merugikan korbannya, yakni mengambil data untuk penggunaan ilegal. 

Penipuan sniffing bisa terjadi ketika anda sedang terhubung dengan jaringan internet yang bersifat publik, atau saat proses transfer data dari client ke server maupun sebaliknya. Sniffing akan bekerja saat terjadi aliran data yang bolak-balik dari client dan pengguna. 

Sniffing akan beraksi dengan menangkap paket-paket data yang dikirimkan menggunakan bantuan tools. Selanjutnya sniffing akan menyusup pada gadget atau perangkat korban. Pelaku sniffing akan memasukkan sebuah program atau APK berbahaya untuk mencuri seluruh data korban. 

Jenis-Jenis Sniffing

Ada dua jenis kejahatan siber sniffing, yaitu aktif dan pasif. Kedua jenis sniffing ini memiliki cara kerja yang berbeda namun tujuannya tetap sama, untuk mencuri data korbannya.

Active Sniffing

Sniffing aktif adalah tindak kejahatan siber dengan cara mengubah isi paket data. Tindakan yang kerap dilakukan biasanya, yaitu ARP Poisoning dan Man in the Middle Attack (MITM). Active sniffing dijalanka pada switch jaringan, bukan pada perangkat hub. 

Passive Sniffing

Jenis passive sniffing adalah tindakan cyber crime dengan cara menyadap tanpa mengubah paket data dalam jaringan yang dikirimkan client dan server. Saat terjadi sniffing ini, proses paket data masih utuh dan tidak berubah.

Passive sniffing tidak menunjukkan tanda-tandanya sehingga korban biasanya tidak sadar atau tidak curiga. Passive sniffing dijalankan lewat perangkat hub yang bertugas menyebarkan sinyal ke semua komputer client. 

Cara Menghindari Sniffing

Sniffing adalah kejahatan siber yang bisa menimbulkan banyak kerugian bagi korbannya, baik material maupun morel. Ada aksi sniffing yang sampai menguras habis isi saldo dalam rekening korban lewat mobile banking. 

Oleh karena itu, anda perlu menjaga aktivitas digital supaya terhindar dari sniffing. Berikut sejumlah tips untuk menghindari sniffing. 

  1. Jangan sembarangan mengunduh aplikasi atau mengeklik tautan yang dikirim melalui WhatsApp, SMS, atau email. 
  2. Cek keaslian telepon, WhatsApp, SMS, dengan cara menghubungi call center resmi perusahaan terkait
  3. Mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang resmi atau terpercaya, seperti website perusahaan, Google Play Store, App Store, dan lainnya. 

Cara Mendeteksi Sniffing

Ada sejumlah cara yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi sniffing. Langkah ini perlu anda pahami agar bisa menghindari aksi sniffing yang diam-diam masuk ke perangkat anda. Untuk mendeteksi sniffing, anda dapat melakukan dengan bantuan alat atau tools sebagai berikut:

  • Wireshark
  • Debooke
  • Dsniff
  • Metode ping
  • Metode ARP
  • On local host
  • ARP watch
  • Menggunakan IDS

Itulah pengertian sniffing sebagai salah satu cyber crime yang sedang marak. Sniffing bisa dilakukan dalam dua jenis sistem kerja. Beberapa tips di atas dapat anda terapkan agar tidak terkena aksi sniffing. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.