Merasa Bersalah Saat Pimpin Twitter,  Jack Dorsey Beri Signal Dana 1 Juta Dolar per Tahun, Ini Penjelasannya
Pendiri Twitter, Jack Dorsey (kiri) dan rekan-rekannya. (foto: twitter @GA_Crypto_)

Bagikan:

JAKARTA -  Pendiri Twitter, Jack Dorsey merasa bersalah atas keputusan konten kontroversial Twitter yang dibuat oleh platform di bawah kepemimpinannya, sambil memperingatkan kontrol konten oleh pemerintah dan perusahaan.

Dorsey memulai pernyataan di utas Twitter tetapi memindahkannya ke posting blog. "Saya tidak ingin mengedit semuanya menjadi 280 potongan karakter," kata Dorsey.

Ia menulis bahwa awalnya dia berharap untuk membangun Twitter yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang telah dia pelajari melalui "tindakannya di masa lalu sebagai salah satu pendiri Twitter". Namun ia menyerah untuk mendorong ide-ide tersebut setelah seorang aktivis membeli saham Twitter di 2020.

“Saya merencanakan keluar pada saat itu karena tahu saya tidak lagi cocok untuk perusahaan,” tulisnya, yang dikutip Rolling Stones.

Menurutnya, prinsip-prinsip yang ingin dia capai sebagai perusahaan publik, seperti ketahanan media sosial terhadap kontrol perusahaan dan pemerintah, konten yang dikendalikan pengguna, dan moderasi yang diterapkan oleh pilihan algoritmik, sudah tidak ada saat dia memimpin perusahaan, atau di Twitter saat ini.

Pernyataannya kemudian disebut seri "File Twitter" yang dianggap oleh Elon Musk, CEO Twitter baru, sebagai paparan "penindasan kebebasan berbicara."

Dorsey membahas penangguhan akun Trump, yang sempat menjadi satu topik utama, dan mengakui kesalahannya. "Kami melakukan hal yang benar untuk bisnis perusahaan publik saat itu, tetapi hal yang salah untuk internet dan masyarakat," ungkapnya.

“Kesalahan terbesar yang saya buat adalah terus berinvestasi dalam membuat alat bagi kami untuk mengelola percakapan publik, dibandingkan membuat alat bagi orang yang menggunakan Twitter untuk mengelolanya sendiri dengan mudah,” jelasnya. “Ini membebani perusahaan dengan terlalu banyak kekuatan, dan membuka kami terhadap tekanan luar yang signifikan (seperti anggaran iklan).”

Namun, terlepas dari hiperbola seputar file Twitter, salah satu pendiri Twitter ini menulis bahwa "tidak ada niat buruk atau agenda tersembunyi, dan semua orang bertindak sesuai dengan informasi terbaik yang dimiliki saat itu."

Dorsey juga membahas bagaimana transparansi dan moderasi adalah kunci untuk meningkatkan platform media sosial, dan mengatakan bahwa dia berharap kebocoran tersebut "diterbitkan dengan gaya Wikileaks, dengan lebih banyak mata dan interpretasi untuk dipertimbangkan."

Menyusul rilis file itu, kini muncul laporan serangan terhadap mantan karyawan, yang juga ditujukan ke Dorsey.

“Serangan saat ini terhadap mantan kolega saya bisa berbahaya dan tidak menyelesaikan apa pun. Jika Anda ingin menyalahkan, arahkan ke saya dan tindakan saya, atau kekurangannya,” ucapnya.

Dorsey menyoal solusi potensial untuk Twitter baru di bawah kepemimpinan Elon Musk, dan mengusulkan serangkaian algoritma peringkat dan relevansi, yang dapat dibuat dan dipilih pengguna agar sesuai dengan kebutuhan mereka (atau tidak digunakan sama sekali).

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Reuters, Ella Irwin, yang diangkat sebagai kepala kepercayaan dan keamanan Twitter yang baru, mengatakan Musk mendorong perusahaan untuk lebih mengandalkan otomatisasi dan lebih sedikit pada tinjauan manusia saat membuat keputusan moderasi konten.

Dorsey juga mengumumkan bahwa dia akan mulai mendanai Signal, yang tetap tangguh terhadap kendali pemerintah, sebesar 1 juta dolar AS per tahun. Dia menyatakan bahwa lebih banyak hibah akan dikeluarkan.

“Saya akan membuka kategori baru hibah #startsmall: 'pengembangan internet terbuka,'” katanya. “Ini akan dimulai dengan fokus memberikan uang tunai dan hibah ekuitas kepada tim teknik yang bekerja di media sosial dan protokol komunikasi pribadi, bitcoin, dan OS seluler khusus web.”

Dia meminta pembaca untuk mengirimkan kandidat potensial, yang seharusnya bukan tugas yang terlalu sulit karena Matt Taibbi membagikan email co-founder dalam menjalankan "File Twitter" pertama.