Regulator Jerman Serukan Pembuatan Undang-undang Kripto Secara Global, Ini Alasannya
Mark Branson, Presiden Regulator Pasar Uang Jerman ( BaFin), (foto: twitter @BaFin_Bund)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah federal Jerman pekan ini menyerukan regulasi global industri mata uang kripto dibuat untuk melindungi konsumen, mencegah pencucian uang, dan menjaga stabilitas keuangan.

Mark Branson, Presiden Regulator Pasar Uang Jerman ( BaFin), mengatakan pendekatan lepas tangan yang akan "membiarkan industri tumbuh sebagai taman bermain bagi orang dewasa" adalah taktik yang salah.

"Kami telah melihat dunia yang diatur sendiri. Itu tidak akan berhasil," kata Branson kepada wartawan di Frankfurt pada Selasa malam, 13 Desember.

Branson berbicara beberapa jam setelah kejaksaan AS menuduh Sam Bankman-Fried, pendiri pertukaran mata uang kripto FTX, menyalahgunakan miliaran dolar dan melanggar undang-undang kampanye dalam apa yang digambarkan sebagai salah satu penipuan keuangan terbesar di Amerika.

Branson mengatakan "musim semi kripto" mungkin mengikuti apa yang telah menjadi "musim dingin kripto" tetapi industri yang muncul cenderung memiliki lebih banyak hubungan dengan keuangan tradisional, yang semakin meningkatkan kebutuhan akan regulasi.

 "Sekarang adalah waktunya untuk regulasi mata uang kripto yang serius," kata Branson, seperti dikutip Reuters. "Poin terpenting adalah tidak hanya membutuhkan solusi Eropa. Ini membutuhkan solusi di seluruh dunia."

Regulasi industri kripto selama ini dituding sudah longgar dan tambal sulam. Di Jerman sendiri membutuhkan lisensi bagi bank untuk berurusan dengan mata uang kripto.

Uni Eropa telah mengerjakan Pasar baru dalam Peraturan Aset Kripto (MiCA) yang menurut beberapa orang, termasuk Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde, perlu diperluas dalam iterasi di masa mendatang dan diberi nama "MiCA 2".

Branson terdengar skeptis tentang sektor ini di masa lalu. Bulan lalu dia mengatakan dalam sebuah wawancara di situs web ECB bahwa "tidak semua model bisnis kripto itu serius".

"Gelombang inovasi, seperti yang kita tahu, juga membawa serta tukang bonceng dan penjahat," katanya.