Inggris Ingin Manfaatkan dan Maksimalkan Mata Uang Kripto dan <i>Blockchain</i>, Peraturan Resmi Segera Terbit
Menteri Jasa Keuangan Inggris, John Glen, makin optimistis dengan masa depan mata uang kripto. (foto: twitter @JohnGlenUK )

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah Inggris menetapkan rencana terperinci pada Senin, 4 April, untuk memanfaatkan potensi aset kripto dan teknologi blockchain yang mendasarinya, untuk membantu konsumen melakukan pembayaran dengan lebih efisien.

Sebagai bagian dari menciptakan hub cryptoasset global, Menteri Jasa Keuangan Inggris, John Glen, mengatakan Inggris akan membuat undang-undang untuk membawa beberapa stablecoin di bawah jaring peraturan seperti mematuhi aturan pembayaran yang ada.

Stablecoin adalah cryptocurrency yang dirancang untuk memiliki nilai stabil relatif terhadap mata uang tradisional, atau komoditas seperti emas, untuk menghindari volatilitas yang membuat bitcoin dan token digital lainnya menjadi tidak praktis untuk sebagian besar perdagangan.

Pemerintah Inggris juga mengatakan semua stablecoin yang mereferensikan mata uang fiat harus diatur.

“Pendekatan ini akan memastikan konvertibilitas menjadi mata uang fiat, setara dan sesuai permintaan,” kata Glen, seperti dikutip Reuters. Ia juga menambahkan bahwa Bank of England akan mengatur stablecoin “sistemik”.

Akhir tahun ini Inggris akan berkonsultasi tentang pembuatan peraturan untuk aset kripto yang lebih luas seperti bitcoin, dengan mempertimbangkan konsumsi energi sektor tersebut.

“Jika teknologi crypto akan menjadi bagian besar dari masa depan, maka kami di Inggris ingin masuk, dan di lantai dasar,” kata Glen kepada UK Fintech Week. "Kami melihat potensi besar dalam kripto dan kami ingin memberi diri kami setiap kesempatan untuk mengambil keuntungan maksimal."

"Rencana terperinci" Inggris juga akan mengembangkan potensi blockchain, termasuk apakah itu dapat digunakan untuk menerbitkan obligasi atau gilt pemerintah Inggris. "Aku tidak tahu jawabannya tapi mari kita cari tahu," kata Glen.

Regulator secara global mencoba bergulat dengan mata uang kripto, sementara Uni Eropa di depan dengan rancangan undang-undang tentang pasar crypto.

Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak, juga telah meminta Royal Mint untuk membuat token yang tidak dapat dipertukarkan yang akan diterbitkan pada musim panas. NFT adalah aset digital yang ada di blockchain, catatan transaksi yang disimpan di komputer jaringan.

Menurut Glen "Kotak pasir" regulasi akan diluncurkan oleh Bank of England dan FCA tahun depan untuk menguji penggunaan blockchain dalam infrastruktur pasar, kata Glen.

Ia menambahkan Komisi Hukum akan mempertimbangkan status hukum organisasi otonom terdesentralisasi yang menggunakan blockchain, sementara implikasi crypto pada pajak juga akan dipelajari.

“Pada keseimbangan, kami tidak berpikir kode pajak akan memerlukan operasi besar untuk membuatnya bekerja lebih mudah untuk kripto,” kata Glen.

Perlakuan pajak atas pinjaman "defi" - di mana pemegang aset kripto meminjamkan aset mereka untuk pengembalian - akan dinilai.

Inggris juga akan menghapus disinsentif bagi pengelola dana untuk memasukkan aset kripto dalam portofolio mereka tambah Glen.