Apple Berencana Produksi Lebih Banyak iPhone di 2021
Ilustrasi iPhone 12(dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple berencana untuk meningkatkan jumlah produksi iPhone hingga 30 persen lebih banyak, di paruh pertama tahun 2021. Tak hanya iPhone 12, tapi Apple akan memproduksi kembali komponen untuk model lama yang mencakup iPhone 11. 

Dikutip dari Reuters, Apple telah meminta distributor dan pabrik perakitannya untuk memproduksi sekitar 96 hingga 180 juta iPhone. Mengingat Apple sudah meluncurkan sejumlah handset 5G-nya.

Pada Oktober tahun ini, Apple mencatat penurunan paling tajam dalam penjualan gawainya dalam tiga tahun terakhir. Untuk itu, Apple menargetkan pertumbuhan pendapatannya dalam satu digit pada kuartal pertama di tahun 2021.

Artinya secara keseluruhan, Apple berencana untuk memproduksi 230 juta unit iPhone baru atau naik 20 persen dari 2019. Kendati hal tersebut juga akan kembali direvisi seiring dengan permintaan konsumen. 

Sejauh ini, saham Apple memang melonjak dalam dua tahun terakhir karena berhasil mendiversifikasi aliran pendapatannya ke aksesori. Di mana salah satu langkahnya dengan mengurangi isi aksesoris dalam paket penjualan iPhone. 

Meski begitu, ponsel Apple, yang telah mendukung kesuksesan perusahaan sejak diluncurkan oleh mendiang CEO Steve Jobs pada 2007, menghasilkan lebih dari 40 persen pendapatan.

Apple saat ini dikabarkan sedang mengerjakan Apple TV terbaru dan mempersiapkan jadwal produksi 2021 yang agresif untuk MacBook Pro dan iMac Pro.

Di samping itu, Apple juga akan kembali memesan panel layar OLED Samsung untuk memproduksi iPhone. Diperkirakan, Apple akan memesan sekitar 140 juta panel dari Samsung.