Prosche Luncurkan Koleksi NFT Perdana, Ini Bocoran Informasinya!
Porsche segera rilis NFT-nya. (Foto; Dok. Porsche)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen otomotif asal Jerman, Porsche, memutuskan untuk terjun ke dunia Web3. Perusahaan mobil sport dan sedan itu berencana meluncurkan koleksi NFT pertamanya pada bulan Januari 2023 ini.

Rencananya Porsche bakal merilis koleksi NFT sejumlah 7.500 item berdasarkan mobil sport 911 mereka. Koleksi NFT tersebut akan dirancang oleh seniman 3D asal Jerman, Patrick Vogel.

Porsche mengambil pendekatan unik dengan koleksi NFT-nya. Perusahaan mewah ini mengizinkan pemegang untuk menentukan kepemilikan NFT mereka saat melakukan pembelian. Pemegang akan dapat memilih di antara tiga jenis NFT Porsche yang mencakup Performance, Lifestyle, dan Heritage. Setiap NFT yang dipilih akan memiliki kegunaan dan keunikannya sendiri.

Porsche akan meluncurkan 150 ribu variasi desain berbeda yang menjadikan setiap NFT sebagai karya seni digital yang ikonik. Secara detail, pada tahap selanjutnya, Vogel akan menggunakan umpan balik pemegang untuk mengubah setiap NFT menjadi aset 3D di Unreal Engine 5. Singkatnya, ada dua fase penyesuaian yang memberikan kebebasan kepada pemegangnya untuk melakukan personalisasi NFT Porsche mereka.

Saat menjelaskan visual 3D dari koleksi tersebut, Lars Kramer, manajer inovasi & metode Porche, menyatakan bahwa tim mengambil inspirasi dari "warisan (heritage) Porsche, elemen khas Porsche, dan gaya hidup modern untuk menciptakan perjalanan yang penuh dengan token dan kreatif,” kata Kramer, dikutip dari NFT Evening.

Selain koleksi Porche NFT, pabrikan mewah ini juga bermaksud mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam operasinya yang sedang berlangsung dan di masa depan. Ini termasuk menggabungkan pengalaman pembelian pengguna, rantai pasokan, masalah kendaraan, dan masalah keberlanjutan ke dalam Web3.

"Kami telah membuat komitmen kami untuk jangka panjang, dan tim Web3 kami memiliki kebebasan untuk mengembangkan inovasi dalam dimensi ini juga," kata Lutz Meschke, wakil ketua Porsche dan anggota dewan eksekutif untuk keuangan dan TI.

Porsche menghadiri acara Mana Common's The Gateway: A Web3 Metropolis di Miami Art Week selama Art Basel, di mana mereka mengadakan panel diskusi. Karena itu komunitas NFT memusatkan mereka pada Porsche dan koleksi NFT yang akan meluncur.

Selanjutnya, Vogel dan seniman visual Vexx ada di sana untuk berbicara tentang koleksi dan masa depan kehadiran Porsche di ruang web3. Porsche juga mengungkapkan instalasi seni di Miami yang dibuat oleh seniman dan desainer Chris Labrooy. Instalasi ini akan ditampilkan hingga 3 Desember di Pérez Art Museum. Instalasi ini secara sempurna mencakup langkah pertama Porsche ke dalam Web3: "bermimpi besar, tanpa batas."

Bukan Sekadar NFT Biasa

Porsche telah menjelaskan bahwa visinya jauh lebih dalam daripada menciptakan koleksi NFT yang melengkapi perusahaan mewah. Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah entri yang sangat baik ke dalam Web3, perusahaan bermaksud melakukan lebih banyak hal.

Deniz Keskin, Direktur Manajemen Merek dan Kemitraan Porsche, menyatakan bahwa Web3 memungkinkan perusahaan untuk memberikan akses ke pengalaman eksklusif melalui teknologi NFT dan Web3.

Dengan melakukan ini, perusahaan mampu menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggannya daripada sebelumnya. Penggemar Porsche sekarang memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan perusahaan mobil mewah dengan cara yang menarik namun inovatif.