Cie Akur... Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) Bisa Digunakan untuk Beli Porsche di Dealer Baltimore
Dogecoin dan Shiba Inu bisa buat beli mobil Porsche. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Dealer Porsche eksklusif yang berlokasi di Baltimore, Amerika Serikat, dikabarkan menjalin kerjasama dengan layanan pembayaran kripto BitPay. Kemitraan ini ditujukan untuk menerima pembayaran dalam bentuk aset digital.

Dealer tersebut menawarkan mobil Porsche baru dan bekas. Kini menerima pembayaran dengan koin meme terpopuler Dogecoin (DOGE) dan rivalnya Shiba Inu (SHIB).

Sebelumnya dealer sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin sejak Maret lalu. BitPay memproses total 76.583 pembayaran. Pada Januari, Bitcoin menyumbang lebih dari setengah transaksi perusahaan.

Pembelian mobil Porsche dengan menggunakan kripto pertama kali terjadi pada tahun 2013. Saat itu sebuah keluarga di Austin mendadak menjadi headline berita di sejumlah media karena menjual Porsche Cayman S 2007 seharga 300 Bitcoin.

Saat ini 300 BTC tersebut bernilai 12,4 juta dolar AS (sekitar Rp178 miliar). Sejak kejadian tersebut, sejumlah dealer mobil mulai menerima pembelian mobil dengan menggunakan mata uang kripto.

Di sisi lain, pada bulan April ini Dutton Garage sebagai salah satu retailer top dunia mobil eksotis dan langka, mulai menerima 30 cryptocurrency setelah menjalin kemitraan dengan exchange kripto Australia, CoinSpot.

Porsche sendiri dikenal ramah terhadap cryptoverse. Itu terbukti pada tahun lalu, Porsche ikut terjun NFT dengan meluncurkan Fanzone. Kemudian pada 2018, Porsche mencatatkan rekor menjadi produsen mobil pertama yang mulai menguji teknologi blockchain sebagai bagian dari proyek percontohan dengan startup asal Berlin, XAIN, seperti yang dilansir dari U.Today.