Kenali Pentingnya <i>Press Release</i> dalam sebuah SEO
Press Release sangat identik dengan sebuah publikasi. (foto: istimewa)

Bagikan:

Pengertian mengenai SEO

JAKARTA - SEO memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan era digital saat ini. Definisi dari SEO adalah sebuah cara yang dapat digunakan untuk memasarkan profil atau produk yang dimiliki perusahaan melalui situs perusahaan dari bisnis yang dijalankan.

Website memiliki kaitan erat dengan SEO, karena merupakan platform yang paling banyak dituju oleh pelaku bisnis dalam era digital yang semakin canggih saat ini. Website pada umumnya digunakan sebagai tempat dalam melakukan pemasaran produk baik dalam bidang jasa atau bentuk barang langsung. Situs yang memenuhi ketentuan SEO paling besar dan tidak bersifat general, akan lebih berpeluang menduduki peringkat teratas di sebuah mesin pencari. Banyak pemilik website yang melakukan promosi bersaing untuk menggerakkan mesin pencari memberikan apresiasi dengan penempatan posisi di paling atas saat situs mesin pencari dibuka.

SEO dalam arti luas merupakan cara terpenting dalam melakukan pengoptimalan halaman situs web untuk memasuki peringkat paling atas, khususnya pada bidang organic research. Pencarian organik akan dilakukan oleh pengunjung saat mengetik kata kunci pencarian pada mesin pencari seperti Google.

SEO memiliki fokus yang tinggi terhadap kata kunci, karena hal ini mendasari kualitas dari SEO. Perbedaannya dengan SEM adalah SEM hanya terpusat pada iklan yang disediakan mesin pencari dan pemasarannya, sementara SEO tidak. Disarankan saat membuat website, untuk memberikan pengoptimalan terlebih dahulu pada SEO, karena akan lebih menghemat banyak faktor.

Penjelasan mengenai Press Release

JAKARTA - Nama Press release mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna teknologi dan aplikasi canggih di era yang semakin berkembang. Namun, kebanyakan pengguna internet tidak terlalu memahami definisi dari Press Release sendiri, padahal saat memahami artinya tentu akan memberikan banyak kemudahan pada penggunanya.

Press Release pada umumnya menjadi wadah dalam menyampaikan sebuah informasi mengenai profil perusahaan. Press Release pada umumnya sangat berperan besar dalam promosi atau iklan agar meningkatkan pemahaman banyak orang mengenai perusahaan yang sedang dibahas. Hal ini dapat memberikan ketertarikan yang mendalam serta ingin tahu lebih dalam mengenai perusahaan tersebut.

Adanya press release sangat identik dengan sebuah publikasi. Informasi yang diberikan kepada publik melalui kehadiran press release akan bisa disimpulkan lebih baik bagi publik dan para pengunjungnya. Biasanya dalam perusahaan, press release diadakan saat sedang ada event yang memiliki keterkaitan dengan pengenalan perusahaan tersebut. Dari Press Release, banyak orang akan lebih tahu aktivitas serta kegiatan yang dilakukan di dalam internal perusahaan.

Press Release juga berperan untuk memberikan pemberitahuan resmi yang dikeluarkan oleh organisasi/ perusahaan yang menggunakannya. Pemberitahuan ini kerap diberikan agar diketahui oleh banyak media, koran serta televisi yang setelah itu akan lanjut disebarkan kepada banyak orang.

Panjang dari Press Release pada umumnya adalah berkisar antara satu hingga dua halaman. Isi yang dikandung diharapkan lengkap dan dibuat secara global, sehingga informasi yang didapatkan media cukup jelas dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau pemberitahuan informasi nantinya, yang dapat menimbulkan kesalahpahaman publik.

Press Release juga harus memperhatikan bahasa dan penggunaan kaidah kata- kata di dalamnya. Hal ini agar Press Release dapat dengan mudah dimengerti oleh banyak orang dan bisa disebarkan dengan baik tanpa ada kesalahan informasi. Penggunaan kata juga harus tetap sopan, agar lebih berpotensi diberi ulasan positif oleh publik. Sehingga, informasi yang diberikan di perusahaan di awal sama persis dengan yang disebarkan oleh media ke publik.

Branding perusahaan dapat ditingkatkan lebih lagi saat ada Press Release, karena Press Release umumnya akan menyampaikan hal dan aktivitas positif yang dilakukan perusahaan, yang semula tidak diketahui oleh banyak orang. Branding ini akan memberikan kepercayaan dan ketertarikan dari banyak orang yang membacanya, sehingga memungkinkan untuk menjadi customer dari perusahaan.

Struktur Press Release

Struktur dari Press Release pada umumnya terbagi menjadi piramida terbalik. Bagian- bagian di dalamnya adalah dimulai dari struktur Judul (Head), Teras (Lead), Isi (Body) dan dapat dilengkapi dengan identitas perusahaan atau industri yang mengeluarkannya, bagian ini bisa diletakkan pada atas judul. Disarankan untuk diberikan dengan nama serta logo yang dibentuk seperti kop pesan, selanjutnya ditambahkan kata press release sebelum judul, agar dapat lebih mudah dipahami maksud dan tujuannya.

Manfaat Press Release bagi SEO

Press Release memberikan dampak positif pada SEO, khususnya saat penggunanya sudah sangat memahami pengaplikasian Press Release dan target yang dituju. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut yang dapat menjadi acuan bagi para pengguna SEO yang belum mencantumkan Press Release di dalamnya.

●       Meningkatkan branding

Branding sangat dibutuhkan dalam sebuah promosi, agar banyak orang yang mengetahui tentang promosi dari barang/ jasa yang kita tawarkan. Meskipun dengan pembiayaan yang terbatas, namun press release merupakan solusi yang tepat untuk membangun interaksi dan otoritas kepada pembeli.

Pihak Press Release sendiri yang akan menawarkan beberapa alasan mengenai prospek untuk terus mengunjungi situs website melalui unggahannya dalam jadwal yang teratur, sehingga dapat meningkatkan pembelian terhadap jualan anda, melalui sistem target penggunaan dunia maya atau sosial media.

●       Memberikan peningkatan keefektifan strategi pemasaran

Pada era dulu, kebanyakan iklan dan promosi sangat memungkinkan untuk mendatangkan banyak pelanggan dan lead baru. Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini publik lebih mengutamakan karya atau konten yang diunggah pada sosial media. Ketertarikan konsumen umumnya berasal dari penyebaran konten, dari satu orang menuju publik yang luas.

Press Release bermanfaat untuk mendorong penyebaran konten ini dengan menawarkan dan mengunggah konten mengenai pemasaran bisnis kliennya kepada prospek yang sedang terbuka atau yang diincar oleh klien. Press Release akan melihat peluang pasar yang ada dan langsung mempublikasikannya, sehingga akan semakin banyak yang mengunjungi website perusahaan kliennya.

●       Mendatangkan target traffic pada website

Menurut riset, setiap harinya berjuta- juta orang di seluruh tempat berusaha mencari informasi yang mereka butuhkan pada masa pencari di internet. Tentu hal itu menyebabkan setiap situs website pasti akan terus membutuhkan angka dari kunjungan situs yang tinggi agar tetap dapat bersaing dalam mesin pencari.

Salah satu manfaat dari press release yang berkaitan dengan hal ini adalah, mampu memberikan arahan dari peluang yang sudah ditargetkan terlebih dahulu untuk meningkatnya jumlah traffic ke dalam website kliennya, khususnya saat press release terdiri dari isi dan struktur yang berkualitas, tentu akan menarik pembaca agar membaca seluruh isi konten bahkan memberikan ulasan, tidak hanya sekedar mengunjungi situs.

●       Dapat mengembangkan kualitas SEO

Keyword yang berada dalam SEO memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan keuntungan dan pemasaran yang luas dalam SEO. Jika kata kunci yang terkandung dalam SEO telah memenuhi ketentuan, maka akan semakin banyak konsumen yang mengunjungi sebuah halaman situs karena mengetahui informasi sesuai dari kata kunci yang mereka cari.

Manfaat Press Release lainnya adalah memberi peningkatan yang tinggi terhadap kualitas dari SEO, karena Press Release pada umumnya akan mencantumkan backlink dalam situs website anda, dengan Press Release dapat memberikan saran akses kunjungan menuju. Untungnya, press release juga bisa meningkatkan kualitas SEO situs anda karena press release akan memberikan rekomendasi pada konsumen yang akan membawanya menuju situs anda.

●       Berperan dalam meningkatkan kredibilitas situs

Pada saat proses pengiriman Press Release, pada umumnya anda akan diberikan kesempatan dalam melakukan pemasaran barang/ jasa yang anda tawarkan sendiri. Tentu hal ini akan membuat anda berperan dalam meningkatkan sebuah kredibilitas orang yang ahli dalam bidang press release tersebut.

Melalui hal ini, para pembaca akan membuat asumsi bahwa anda adalah orang dengan banyak pengetahuan dan wawasan industri sehingga mereka akan mempercayai perkataan anda saat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan dan keunggulan dari produk/ jasa yang anda tawarkan.

●       Meningkatkan jumlah penjualan

Kehadiran Press Release juga dapat menjadi sebuah cara yang tepat dalam meningkatkan keuntungan margin dari barang/ jasa yang anda tawarkan, karena hal ini bermanfaat untuk menunjukkan serta mengarahkan keunggulan serta kelengkapan fitur yang berada dalam barang/ jasa yang anda miliki, sehingga konsumen akan memberi tanggapan bahwa produk anda lebih unggul daripada pesaing anda yang lain.

Agar cara ini dapat diterapkan, yang perlu anda lakukan adalah dengan mencantumkan press release untuk tujuan yang berbeda, contohnya adalah untuk perilisan barang/ jasa terbaru serta penulisan kegunaannya, proses perkembangan perusahaan dan hasilnya yang baik, kerjasama yang baik dalam tim dan akuisisi baru di dalam perusahaan.

Cara kerja Press Release

Dalam melakukan pemasaran terhadap sebuah usaha, pada umumnya perusahaan akan mengunggah konten pemasaran terlebih dahulu sesuai struktur yang telah ditetapkan. Struktur ini terdiri atas beberapa bagian yaitu dimulai dari judul, isi, hingga dalam penentuan tanggal rilis. Biasanya, konten yang akan diunggah harus menggunakan bahasa sesuai dengan sifat dari jurnalistik, karena hal ini tentu sangat berkaitan dalam pengaplikasiannya.

Saat sudah selesai, tahap selanjutnya adalah pemasaran tersebut dikirimkan ke editor dari surat kabar melalui sebuah email atau fax bersangkutan, lalu konten tersebut akan dipromosikan melalui publikasi di sosial media atau website, sesuai press release yang dipilih.

Kesimpulan

Press Release akan memberikan manfaat yang optimal untuk SEO, saat Press Release yang kita pilih memang benar berkualitas dan sudah terpercaya. Jika kita menginginkan Press Release yang baik namun masih bingung cara penggunaannya, kita dapat menggunakan bantuan jasa press release yang tentu sudah ahli dalam bidangnya sehingga memberikan keefisienan khususnya dalam segi waktu saat kita ingin mengoptimalkan SEO dan mengejar target penjualan melalui promosi yang dipublikasikan kepada publik secara luas.

Press Release memiliki kaitan yang erat dengan backlink. Umumnya, jika kita telah berhasil memenuhi ketentuan Press Release dan Backlink dengan baik, maka akan memberikan peluang yang besar untuk situs website kita berada di posisi teratas mesin pencari. Jasa Backlink juga akan sangat membantu meningkatkan penjualan dan pemasaran kita khususnya dalam bidang bisnis yang menggunakan SEO sebagai opsi mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun, saat memilih jasa backlink diharapkan untuk memilih yang sudah berpengalaman dan ahli, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi kita.