Cara Memotret Kembang Api Layaknya Profesional dengan Ponsel Cerdas
Kembang api merupakan objek yang menakjubkan untuk difoto. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi seluruh dunia akan merayakan malam pergantian tahun baru, ada baiknya mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga. Terutama jika Anda senang menyaksikan pertunjukan kembang api. Ada beberapa cara untuk memotretnya.

Kembang api merupakan objek yang menakjubkan untuk difoto, tetapi juga rumit. Jadi perlu sedikit pengetahuan atau trik untuk mengambil foto kembang api yang hebat, dan kabar baiknya Anda tidak memerlukan kamera mirrorless atau DSLR yang mahal untuk mendapatkan bidikan luar biasa.

Ponsel kamera di banyak ponsel cerdas mampu memotret kembang api dengan sempurna, Anda hanya perlu memastikan Anda berada di tempat yang tepat, dan berikut ini trik untuk memotret kembang api.

1. Lokasi yang Tepat

Sebelum Anda mulai memotret, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tempat terbaik untuk mengambil foto. Meskipun kembang api terlihat bagus dengan sendirinya, kembang api dapat terlihat lebih baik saat meledak di atas kota, lautan, atau lokasi menarik lainnya.

Ada baiknya coba memposisikan diri Anda di tempat yang lebih tinggi, sehingga lebih dari sekadar langit yang dibidik. Anda dapat memanfaatkan pemandangan lain dengan sangat baik, menggunakan genangan air misalnya bisa memantulkan ledakan warna-warni dari bawah.

Namun, waspadai adanya sumber cahaya lain pada bidikan Anda. Jika Anda memotret dari suatu tempat yang diterangi oleh lampu jalan atau cahaya tidak alami lainnya, ada baiknya mengambil beberapa bidikan percobaan untuk memastikan cahayanya tidak mengganggu gambar.

2. Pilih Lensa dan Orientasi Anda

Selain memilih lokasi untuk memotreg, ada baiknya mempertimbangkan lensa mana yang akan Anda gunakan dan orientasi mana Anda akan memotret. Keduanya dapat dipengaruhi oleh pilihan lokasi Anda.

Untuk lensa, jika Anda jauh dari kembang api dan ponsel Anda memiliki lensa telefoto, itu bisa menjadi pilihan yang baik sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih jelas.

Jika Anda lebih dekat dengan pertunjukan kembang api atau hanya ingin tampilan proses yang lebih luas, pertimbangkan lensa ultra-wide.

Untuk orientasi, pertimbangkan memotret dalam mode potret daripada lanskap, karena kembang api rata-rata menembak ke atas, sehingga Anda berpotensi mendapatkan lebih banyak jejak mereka dan lanskap di bawahnya dengan cara itu.

3. Fokus Pada Kembang Api yang Ingin Dipotret

Ada berbagai jenis kembang api yang berbeda, jadi ada baiknya mempertimbangkan mana yang paling Anda minati untuk potret. Biasanya kembang api yang meluncur seperti roket cukup bagus untuk menjadi pilihan untuk dibidik.

4. Aktifkan Mode Malam di Kamera

Banyak ponsel cerdas memiliki mode malam khusus yang dapat membantu saat mengambil foto pemandangan cahaya rendah, aktifkanlah fitur itu.

Atau, Anda mungkin ingin beralih ke mode manual, sehingga Anda memiliki kontrol penuh atas ISO dan kecepatan rana. Anda mungkin tergoda untuk menggunakan flash, tahan. Sebab, kembang api adalah sumber cahayanya sendiri, jadi tidak diperlukan lampu kilat, dan foto Anda akan terlihat lebih baik tanpa itu.

5. Bidik dalam RAW

Mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik selalu disarankan, terutama jika Anda berencana untuk mengedit foto Anda setelahnya, jadi jika ponsel Anda mendukung RAW atau mode gambar berkualitas tinggi lainnya, alihkan ke salah satunya. Demikian dikutip dari TechRadar, Rabu, 2 November.