Volvo Bangun Pabrik Modul Baterai yang Serba Otomatis di Ghent
Pabrik baterai Volvo di Ghent, Belgia. (foto: dok. volvogroup)

Bagikan:

JAKARTA – Pabrik truk Swedia asal Volvo Group mengumumkan pada Rabu, 26 Oktober  bahwa pabriknya di Ghent di Belgia akan mulai memproduksi modul baterai pada tahun 2025.

“Kami telah memulai proses investasi untuk membangun manufaktur modul baterai di Ghent. Bangunan ini diperkirakan seluas 12.000 m2 dan berlokasi di lokasi pabrik Volvo Group. Pabrik modul berteknologi tinggi yang baru akan terdiri dari proses yang hampir sepenuhnya otomatis dengan robot. Ini berarti bahwa karyawan dengan kompetensi yang diperlukan akan direkrut, baik secara eksternal maupun dengan membangun kompetensi internal kami,” kata Jens Holtinger, Executive Vice President Group Trucks Operations, dalam keterangan di blog Volvo.  

"Keputusan investasi untuk memasang kapasitas manufaktur modul baterai di Ghent merupakan langkah penting lainnya bagi Grup Volvo untuk membentuk rantai nilai masa depan untuk sistem baterai," tambah Holtinger .

Lini produksi baru akan dapat menggunakan sel baterai baik dari mitra maupun dari pabrik sel baterai yang direncanakan di Swedia, tambah Volvo Group.

Proses pembangunan pabrik baterai ini sendiri telah dimulai, dan bahwa kerangka investasi untuk langkah pertama pembuatan modul adalah 75 juta euro (Rp1,1 triliun). “Fasilitas baru seluas 12.000 meter persegi akan hampir sepenuhnya otomatis,” kata Volvo.

Volvo Group memiliki ambisi bahwa setidaknya 35% kendaraan yang dijual akan menggunakan listrik pada tahun 2030. Pabriknya di Gothenburg di Swedia membangun truk listrik tugas berat, dan pabrik truk Ghent akan mulai melakukannya juga tahun depan.